15 Tips Pencarian Google

Berikut ini adalah 15 metode dasar pencarian untuk search engine Google :

1. Kalkulator Google
Bisa buat ngitung angka apa aja, misalnya mau menghitung 5*54 / 12 + 56. ketik angka tersebut beserta tanda perhitungannya, setelah itu tekan enter atau klik search dan google akan memberikan hasil perhitungannya. Beberapa tanda aritmatika yang didukung : penambahan (+) , pengurangan (-) , perkalian (*) , pembagian (/) , pangkat (^) dan akar kuardrat (sqrt).

2. Kamus Definisi
Bisa untuk mengartikan sebuah kata dengan menuliskan kata "define:" (tanpa petik), contohnya define:cacing

3. Mencari sebuah title tertentu
mencari kata tertentu dalam sebuah website, formatnya "intitle:title yang dicari". contohnya intitle:gelas.

4. Konversi
Buat konversi ukuran panjang, besaran dan bahkan suhu, misalnya mencari berapa yard untuk 50 meter tulis aja "50m in yard" , atau berapa derajat Fahrenheit untuk 100 derajat celcius cukup tuliskan "100C to F"

5. Kurs Mata Uang
Mau tahu berapa harga dollar Amerika hari ini ? Tulis aja "1 USD in IDR".
Format mata uang dalam satuan internasional, misalnya untuk rupiah indonesia ditulis IDR, dollar Hongkong ditulis HKD, dan lain-lain.

6. Cuaca hari ini
Untuk mencari keadaan cuaca disuatu kota, tulis aja misalnya "Jakarta weather"

7. Pencarian untuk sebuah tipe file
Jika mau mencari sebuah file dengan isi tertentu dan jenis file tertentu pula tulis aja seperti ini "tutorial game 3D filetype:doc" nanti akan muncul hasilnya berupa artikel-artikel dengan judul yang ada kata-kata seperti itu dalam format .doc

8. Pencarian dalam sebuah website
Kalau mau mencari sesuatu didalam sebuah website tulis "kata dicari site:www.site.com" , misalnya mau mencari game didalam website jasakom maka tulis "game site:www.jasakom.com"

9. Waktu lokal sebuah kota
Pengen tahu waktu sekarang di Bali ? tulis aja "time bali"

10. Hilangkan hasil pencarian yg tidak dikehendaki
Jika anda mau mencari tentang tata surya tapi tidak ingin hasil pencariannya ada kata-kata planet, maka tinggal tulis saja seperti ini "tata surya -planet"

11. Pencarian sebuah kalimat utuh
jika ingin mencari sebuah kalimat utuh didalam website gunakan tanda _ . - sebagai pengganti spasi. contohnya "siapa_sih" hasilnya akan berbeda dengan "siapa sih"

12. Status Penerbangan
Mau tahu status sebuah penerbangan pesawat ? Tulis aja seperti ini ""British airways flight 5 " ,untuk menulisnya harus tau tipe maskapainya dan nomor penerbangannya.

13. Pencarian grup Google berdasarkan subjek
Tulis ?insubject:then topic here?

14. Mencari situs relasi
Tulis "related:www.site.com?. untuk mencari situs alternatif dari website yang dicari.

15. Mencari link untuk URL tertentu
Silahkan ketik di Google : ?link:www.yoursite.com?. cara ini berguna untuk mencari alamat2 lain yang menghubungkan ke website yang dicari. contohnya link:www.google.com dan hasil akan keluar berupa alamat2 website lainnya yang memiliki link ke google ini.

Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengoptimalkan pencarian anda di Google, mengingat sekarang banyak sekali web / blog yang mengakali Google untuk mencari traffic yang tinggi.




LihatTutupKomentar