Maraknya Bisnis Warnet

Kata warnet tentunya juga tak lepas dari kata internet, bagi pengguna layanan internet yang tidak mempunyai akses internet di rumah maupun karena tak mempunyai perangkat komputer sendiri. Dengan menggunakan fasilitas internet dari warnet, para pengguna internet perlu merogoh koceknya kurang lebih berkisar antara Rp 1500 - Rp 6000,00 tergantung pada kecepatan akses serta fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh warnet yang dikunjungi. Semakin lengkap fasilitas warnet yang disediakan, biasanya tarifnya juga makin mahal. Pengguna internet pun biasanya juga tidak hanya melihat fasilitas warnet yang disediakan, namun juga mempertimbangkan faktor lingkungan. Apabila warnet tersebut tidak bisa menjamin keamanan para penggunanya, tentunya akan banyak komplain yang diadukan ke pihak pengelola. 


Solo, tempat tinggal sekaligus kampung halaman pengelola blog ini juga merebak bisnis warnet, ini tak lepas dari animo para warga Solo terhadap adanya warung internet. Dewasa ini pengguna internet di Solo ( sepertinya juga terjadi di kota lain ) makin meningkat, ini bisa dilihat dari makin banyaknya bisnis warnet yang muncul di kota Solo. Bisa dikatakan setiap kampung mempunyai 1 buah warnet. Bahkan ada beberapa kampung yang mempunyai 10 buah warnet. Perlu diingat, dengan modal sekitar kurang lebih 30 juta rupiah, mereka bisa mendapatkan 10 unit perangkat komputer untuk bisa membuka bisnis warnet. Jika perangkat telah dimiliki, tentunya tinggal menentukan posisi strategis dimana warnet tersebut akan didirikan. Umumnya, para pengusaha warnet lebih memilih posisi warnetnya dekat dengan institusi pendidikan, karena para pelajar tentu akan sangat tertarik untuk mengunjungi warnet tersebut meskipun hanya untuk update status situs halaman jejaring sosialnya. 

Sepertinya bisnis warnet akan sangat menjanjikan, jika dilihat dari semakin murahnya tarif akses internet yang ditawarkan oleh para Internet Service Provider. Bagi anda yang ingin membuka sebuah warung internet, perhatikan segala faktor-faktor yang menguntungkan bagi warnet anda, tapi anda juga perlu memperhatikan efek negatif dari pendirian warnet anda, agar anda tidak menerima banyak komplain dari lingkungan anda.
LihatTutupKomentar