Ramah Lingkungan Ala Teknologi Nano

Belum banyak masyarakat yang mendengar Nano Teknologi. Sebenarnya, teknologi ini telah di gunakan oleh peralatan sehari-hari, bahkan tanpa kita sadari kita telah banyak menggunakan teknologi Nano ini. Mari kita pahami dulu apa, bagaimana, dan seperti apa sebenarnya Teknologi Nano? Dan mengapa teknologi Nano dikatakan ramah lingkungan itu ?

Teknologi Nano adalah teknologi yang berbasis pengelolaan materi berukuran nano, atau satu per miliar meter. Itu artinya teknologi ini berkaitan dengan benda-benda yang yang diciptakan dalam ukuran yang sangat kecil. Di dalamnya tergabung ilmu fisika, teknik, biologi molekuler, serta kimia. Teknologi Nano adalah teknologi masa depan. Diperkirakan dalam 5 tahun kedepan seluruh aspek kehidupan manusia akan menggunakan produk-produk yg menggunakan teknologi nano yg diaplikasikan dalam bidang Medis, Automotif, Home Appliance, Farmasi, Lingkungan Hidup, Komputer, Kosmetik, Militer, Tekstil, Konservasi Energi.


Di bidang elektronik dikembangkan perangkat ukuran nanometer, energi (pembuatan sel surya yang lebih efisien), kimia (pengembangan katalis yang lebih efisien), kedokteran (pengembangan peralatan baru pendeteksi sel-sel kanker berdasarkan interaksi sel kanker dengan partikel berukuran nanometer), kesehatan (pengembangan obat-obatan dengan ukuran nanometer sehingga dapat melarut dengan cepat dalam tubuh dan bereaksi lebih cepat), Lingkungan (penggunaan partikel skala nanometer untuk menghancurkan polutan organik pada air sungai dan udara), serta masih banyak lagi penemuan lainnnya. Saat ini kosmetik berbasis nanopartikel mulai dikaji secara intensif karena memanfaatkan beberapa sifat khas nanopartikel. Perusahan-perusahan kosmetik besar telah menginfestasikan dana yang sangat banyak untuk mengembangkan kosmetik berbasis nanopartikel luminesens. Produk obat yang dihasilkan dari teknologi nano lebih unggul dibanding obat biasa. Obat teknologi nano sebagian besar obat luar, kan kalau partikel semakin kecil, semakin mudah terserap tubuh. Ilmuwan dunia pun mengakui bahwa teknologi yang satu ini merupakan teknologi terbaik saat ini. Bahan materil yang digunakan oleh teknologi ini dalam memproduksi suatu bahan, akan lebih sedikit, tetapi kapasitas penggunaannya sangat optimal.

Baca Juga : Apa Itu Apar

Mengapa dikatakan ramah lingkungan ? Teknologi ini bisa mengurangi pencemaran lingkungan karena sisa limbahnya akan semakin sedikit. Lihat saja mobil-mobil terbaru yang telah mengadopsi teknologi ini, akan menghasilkan kekuatan yang besar, tanpa harus meninggalkan polusi dalam pemakaiannya. Nah itulah teknologi nano secara garis besarnya telah diterangkan di ulasan di atas. Dengan demikian terjawab sudah pertanyaan apa sebenarnya teknologi Nano. Itu juga menjawab pertanyaan bahwa teknologi memang ramah lingkungan.
LihatTutupKomentar