7 Cara Jitu Agar Artikel Blog Terindex & Muncul di Halaman Pertama (Page One) Google

7 Cara Jitu Agar Artikel Blog Terindex & Muncul di Halaman Pertama (Page One) Google

Saat saat dimana artikel muncul di halaman pertama pencarian search engine, baik itu Google, Bing, ataupun Yahoo adalah suatu hal yang didambakan oleh setiap blogger, karena semakin banyak artikel yang muncul di halaman pertama, semakin banyak pula traffic yang akan didapat.

Namun sebelum anda menginginkan agar blog anda muncul di halaman pertama Google, anda harus memastikan bahwa blog anda muncul di google, alias terindex ke google. Alih alih ingin artikel muncul di halaman pertama google, terindex saja tidak, bagaimana bisa mendapatkan traffic? Itulah yang akan kita bahas pada thread ini.



Artikel terindex dalam waktu 3 Menit dan Menempati Peringkat #1 Di Halaman Pertama Search Engine (Google)​


Pada thread kali ini, saya akan mencoba mengulas beberapa hal yang dapat dilakukan agar blog anda dapat muncul di halaman pertama google dengan sejumlah langkah sederhana. Berikut beberapa diantaranya:

1. Index Artikel/Postingan Blog Anda Ke Search Console
Search Console adalah suatu layanan yang diberikan oleh google kepada pengelola situs/blog yang berfungsi untuk memberitahu google bahwa anda telah mengupdate atau memperbaharui konten di blog anda.

Tools ini terbukti sangat efektif untuk membuat penggunanya dapat membuat postingan blog mereka untuk terindex kurang dari 1 menit, atau lebih tepatnya, sesaat setelah anda mensubmit artikel blog anda di Search Console.

Bagaimana cara penggunaanya? Berikut tutorialnya:

Kunjungi halaman google.com/webmasters/tools/submit-url
Copy-paste artikel/postingan blog yang ingin anda index ke Google

Ketikan Captha
Kemudian klik Kirim Permintaan

Setelah anda menggunakan metode tersebut, coba ketikan judul dari artikel yang anda buat di halaman pencarian google. Dengan begitu, secara ajaib, artikel blog anda akan muncul di halaman pertama Google!

Selain menggunakan Search Console, anda juga dapat menggunakan Tools yang tersedia di Webmasters Tools untuk melakukan pengindexan dengan lebih baik. Berbeda dengan Search Console yang hanya menyediakan 1 fitur saja, yakni Index Link, di Webmaster Tools anda dapat melakukan pengindex-an secara mendetail.

Untuk cara penggunaaanya sendiri tak terlalu jauh berbeda dengan Search Console dan tergolong mudah, berikut tutorialnya:


Login Webmaster Tool> Pilih situs anda
Masuk ke menu Crawl/Perayapan (berada di sebelah kiri layar), kemudian pilih Fetch as Google/Ambil sebagai google


Copy-paste link artikel yang ingin kalian index di kolom yang telah disediakan


Pada pilihan dropdown, pilih Deskop
Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengklik Fetch as Google/Ambil sebagai google tunggu beberapa detik sampai proses selesai.

Fitur yang anda dapatkan di fitur Crawl di WebmasterTools lebih lengkap jika dibandingkan Search Console, jadi saya sendiri lebih menyarankan anda untuk menggunakan fitur Crawl di WebMasterTools.

Untuk lebih detailnya, anda dapat membaca thread berikut untuk mempelajari cara agar artikel blog anda muncul di halaman pertama pencarian google di http://sekolahblogger.net/index.php...-blog-cepat-terindex-google-search-engine.13/

2. Menambahkan Incoming Search Keyword di Akhir Artikel
Incoming Search Keyword adalah sejumlah keyword tambahan untuk melakukan optimasi SEO yang biasa ditempatkan seorang pengelola blog di akhir artikel. Incoming Search Keyword ini sendiri biasanya dapat dibuat dengan mengetikan sejumlah kata kata yang berhubungan dengan judul dari artikel/postingan yang anda buat.

Incoming Search Keyword dapat digunakan sebagai keyword tambahan (selain judul artikel) untuk memudahkan google untuk mengenali artikel apa yang ingin anda buat. Untuk menambahkan Incoming Search Keyword sendiri tidaklah begitu sulit.

Anda hanya harus menambahkan kata kata yang rasanya mungkin ingin dicari pengunjungung blog ketika mencari sebuah artikel. Contohnya:



Tag: cara agar artikel blog cepat terindex google, cara agar blog cepat terindex, cara agar blog muncul di halaman pertama google, cara agar artikel blog, cara agar mendapatkan optimasi seo, cara agar blog muncul di halaman pertama google

Namun perlu dicatat, anda tidak boleh berlebihan untuk menambahkan Incoming Search Keyword, karena jika anda melakukan hal itu, Google akan menganggap blog anda sebagai blog spam. Saya sarankan, tempatkan setidaknya Incoming Search Keyword sebanyak 10-20 keyworduntuk meningkatkan optimasi seo blog anda.

Sampai saat ini, saya masih sering menggunakan metode ini untuk membuat artikel blog saya muncul di Page One di Google, biasanya, saya hanya menambahkan 15 keyword kedalam Incoming Search Keyword. Ketika saya membuat ISC (Incoming Search Keyword) mencapai 50 keyword lebih, artikel saya justru tidak terindex.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan Keyword Density pada setiap artikel blog anda.

3. Melakukan Optimasi SEO Dengan Mendapatkan Backlink
Bukan rahasia publik lagi kalau Backlink adalah salah satu penentu peringkat artikel dimata Google, semakin banyak backlink yang dimiliki, semakin banyak pula kemungkinan artikel akan nangkring di halaman pertama mesin pencari Google. Namun sebelum itu, mari kita mengenal sedikit dengan apa itu backlink, berikut penjelasannya:



Apa itu Backlink?

Backlink terdiri dari kata 'back' dan 'link', back berarti kembali/belakang sedangkan link berarti tautan, berarti Backlink adalah sebutan untuk tautan blog anda yang tersemat di blog orang lain yang dapat menjadi 'pintu belakang' menuju blog anda. Tersemat yang dimaksudkan disini adalah suatu kondisi dimana link blog/artikel anda tertanamkan di blog lain dan menjadi link yang mengarah langsung menuju blog anda.

Tujuan dari pencarian backlink sendiri dapat dikatakan mirip sebagai sistem 'skor' bagi google untuk menentukan peringkat artikel yang terdapat di halaman pencarian. Semakin banyak backlink yang dimiliki, semakin banyak pula skor yang anda dapatkan dan semakin banyak skor yang anda dapat, semakin bagus pula peringkat artikel anda di halaman pencarian (google)



Jumlah backlink situs sekolahblogger.net berdasarkan laporan Ahrefs.com


Lalu, Bagaimana cara mendapatkan Backlink?

Ada ribuan cara untuk mendapatkan backlink, mulai dari cara manual sampai otomatis. Namun jika anda menggunakan backlink otomatis, ada kemungkinan blog anda akan terkena penalty, maka dari itu saya akan memberitahukan cara mencari backlink dengan cara manual & aman. Berikut caranya:


Mendapatkan Backlink dari Wikipedia
Mendapatkan Backlink dari Blogwalking
Mendapatkan Backlink dari Yahoo Answer
Mendapatkan Backlink dari YouTube
Mendapatkan Backlink dari Forum Forum
Mendapatkan Backlink dari Social Bookmarking
Mendapatkan Backlink dari Whois atau Statistics Site
Mendapatkan Backlink dari Sistem Tukar Link
Mendapatkan Backlink dari Guestbook
Mendapatkan Backlink dari Pingback-Trackback (Wordpress Only)
Mendapatkan Backlink dari Layanan Feed/Berlangganan Artikel
Mendapatkan Backlink dari Web 2.0
Mendapatkan Backlink dari Menempatkan Link di Blog Lain (Milik Anda)
Mendapatkan Backlink dari Situs Yang Memungkinkan Pengunjung Membuat Artikel
Mendapatkan Backlink dari Blog Dummy/Zombie
Mendapatkan Backlink dari Error 404 (Page not Found)
Mendapatkan Backlink dari Review Blog Orang Lain

Bingung bagaimana cara mendapatkan backlink?
Untuk lebih detailnya, anda dapat membaca thread berikut untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana cara untuk mendapatkan backlink berkualitas dihttp://sekolahblogger.net/index.php...-backlink-berkualitas-dalam-jumlah-banyak.56/

4. Perbanyak Jumlah Artikel/Postingan di Blog Anda
Tentunya, konten adalah hal pokok yang menjadi sorotan Google untuk menilai blog tersebut bermanfaat atau tidak, google akan lebih memprioritaskan blog blog yang memiliki konten lebih banyak.


Dengan catatan artikel yang dibuat adalah artikel yang bermanfaat dan bebas dari praktek copy-paste​

Sebagai bukti jumlah artikel/postingan mempengaruhi traffic blog adalah perbandingan antara blog anda dengan blog besar, mereka mungkin sudah memiliki ribuan artikel di situs mereka, sedangkan anda hanya memiliki beberapa artikel saja, tentu saja google akan lebih memprioritaskan blog blog yang lebih informatif dan lengkap.

5. Buat Artikel Secara Rutin (Setidaknya 2-3 Artikel Per Hari)
Mungkin anda berfikiran bahwa poin ini sama dengan poin nomor 7, padahal sebenarnya berbeda! Antara banyak dan rutinitas adalah hal yang berbeda.

Sebagai contoh, Metode 1: "Anda membuat artikel sebanyak 100 buah setiap 1 bulan sekali" dengan Metode 2: "Anda membuat artikel sebanyak 3 buah setiap harinya", walaupun sama sama bertujuan untuk memperbanyak artikel, metode yang pertama sesungguhnya tidak terlalu disukai oleh google, karena dengan membuat 100 posting setiap 1 bulan sekali dapat dianggap sebagai spam oleh google, beda cerita jika blog anda mampu membuat 100 posting setiap harinya.



Kenapa blog saya harus mengupdate artikel secara rutin?


Mungkin hal ini sudah banyak dibahas di blog blog yang juga membahas hal ini, dan ini memang benar adanya, lebih baik anda nge-blog dengan santai namun rutin dibanding membuat blog yang hanya update 1 kali dalam 1 bulan dengan jumlah posting yang bagaikan spam.

Selain itu, visitor blog anda juga akan merasa bahwa blog anda dikunjungi. Umumnya, orang orang hanya mengunjungi sebuah situs yang melakukan update secara rutin dengan ditemani artikel artikel menarik, mereka lebih suka mengunjungi situs situs seperti itu dibandingkan mengunjungi situs yang tidak konsisten dalam update artikel.

6. Lakukan Segala Hal Untuk Melakukan Optimasi SEO On-Page
Walau bagaimanapun, jika anda ingin memenangkan persaingan dengan blog lain yang menjadi pesaing anda untuk menjadi no.1 di halaman pencarian blog, anda harus melakukan segala usaha, dan salah satunya adalah melakukan Optimasi SEO On-page.



Apa itu Optimasi SEO On-page?

Optimasi SEO-on page adalah sebuah optimasi SEO yang dilakukan pada sebuah halaman artikel/postingan yang anda buat. Optimasi ini bertujuan untuk mempermudah robot google untuk mengenalkan isi konten/artikel/postingan yang anda buat kedalam format yang mudah dimengerti.

Hal hal yang harus dipelajari dalam SEO On-page sendiri sebenarnya cukup banyak, saya sendiri lebih menyarankan anda untuk lebih fokus kepada konsen daripada melakukan SEO On-page, namun jika persaingan dengan blog lain untuk memperebutkan halaman pertama di halaman pencarian google sudah sangat tinggi, SEO- Onpage adalah hal yang wajib anda lakukan untuk memenangkan persaingan tersebut.

Sebagai referensi, saya akan menguraikan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO On-Page, mengingat penjelasan terkait SEO-On Page cukup panjang, untuk detail-nya sendiri silahkan cari informasinya di situs luar, saya hanya memberikan catatan tentang apa saja yang perlu anda optimasi. Berikut beberapa diantaranya:

Optimasi SEO Meta Description
Optimasi SEO Title Tage
Optimasi SEO Link atau url
Optimasi SEO Internal Link
Optimasi SEO External Link
Optimasi SEO Pada Gambar
Optimasi SEO Penggunaaan Heading (H1, H2, H3)
Optimasi Tag Untuk Judul Artikel
Optimasi Kata Kunci/Keyword
Optmasi Long Tail Keyword
Optimasi Penggunaan Keyword LSI (Latent Semantic Indexing)
Optimasi Keunikan Artikel
Optimasi Meta Tag
Optimasi Penggunaan Bold, Italic, dan Underlined
Optimasi Permalink
Optimasi Kecepatan Loading Halaman

Itulah sejumlah referensi yang dapat saya berikan untuk anda tentang apa saja yang dpaat anda lakukan untuk melakukan SEO On-Page.

7. Hindari Melakukan Duplikasi Artikel (COPY-PASTE)
Percobaan copy-paste adalah hal yang sering kali dilakukan para blogger pemula, entah itu mengambil bagian pembukaan (basa-basi) ataupun mencopas secara keseluruhan, karena banyak orang menganggap jika melakukan copy paste dirasa lebih cepat jika dibanding harus membuat artikel secara manual (ketik tangan). Namun pada kenyataanya, copy-paste adalah salah satu hal kesalahan fatal bagi yang sering dilakukan oleh blogger pemula

Karena tidak ingin dibilang munafik, saya jujur saya pernah melakukan praktek copy-paste, tidak hanya 1 artikel, saya clone semua artikel dari blog tersebut secara membabi buta tanpa ampun (ada metode untuk mencopas blog secara keseluruhan). Nah, karena saya pernah melakukan copy-paste, saya akan uraikan hal hal yang telah terjadi setelah saya melakukan copy-paste



Lalu, bagaimana hasil blog dari copy-paste tersebut?

Dari pengalaman saya melakukan praktek copy paste, artikel tersebut memang mau terindex oleh google dan menempati peringkat pertama di halaman pertama google berdasarkan keyword yang saya ketikan (misal saya copas artikel berjudul “Aku ini master SEO yang sangat handal”, nah jika saya ketikan di google, artikel saya tersebut mendapatkan page one), but wait, kesenangan saya tidak berlangsung lama, karena di hari kedua, postingan saya ini lenyap dari halaman pencarian, kemudian di hari ketiga artikel kembali muncul, hanya saja artikel tersebut berada di halaman ketiga pencarian google, dan hari keempat, artikel tersebut lenyap ditelan bumi.


Dengan mudahnya, artikel hasil copas saya terdeteksi dan diberi label "plagiat", yang berarti blog saya masuk kedalam kategori copaser, sebuah blog dengan kualitas rendah. ​


Dari sini saya menarik kesimpulan: “Google bukanlah sistem yang dapat dibodohi dengan mudah”, jika google mudah dibodohi, mungkin saat ini halaman pencarian google dipenuhi dengan artikel yang memiliki judul & isi yang sama.

Selain itu, saya berfikiran bahwa jika google menyadari kalau artikel di blog anda adalah hasil copas, maka google juga akan mulai tidak percaya terhadap situs anda, dan menurunkan SERP blog.

Penutup
Diluar sana mungkin masih ada sejumlah metode/tips lain yang dapat anda gunakan untuk membuat artikel blog anda muncul di halaman pencarian Google.

Namun perlu dicatat, seiring dengan berjalannya waktu, persaingan di dunia blogging kini semakin ketat, maka dari itulah, tingkat kesulitan untuk dapat membuat artikel muncul di halaman pertama Goole akan semakin sulit. Terlebih lagi, Google bisa saja mengganti algoritma yang mereka gunakan sewaktu waktu.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.
LihatTutupKomentar