Cara Mengatasi Leverage Browser Caching di Wordpress

Waktu anda mengecek kecepatan website/blog anda di Google PageSpeed Insights maupun di GTmetrix akan muncul pemberitahuan atau saran kalau anda harus memperbaiki hal-hal yang mempengaruhi browser caching atau biasa di sebut denga Leverage Browser Caching.

Memperbaiki Leverage Browser Caching memang bisa dapat meningkatkan kecepatan web/blog kita pada saat di akses oleh pengunjung.

Beberapa blog saya maupun website client yang saya kelola dan menggunakan platform WordPress juga memanfaatkan Browser Caching ini dan tentunya sangat mempengaruhi terhadap kecepatan website saat diakses. Anda pun dapat mempercepat loading blog wordpress Anda dan mengatasi Leverage Browser Caching ini dengan menambahan kode dalam file .htaccess.

Sebenarnya apa itu Browser Caching, bagaimana dia bekerja dan apa manfaatnya?

Singkatnya, web browser saat mengakses dan memuat sebuah halaman website dia memerlukan resources dari server website tersebut, browser mendownload file-file yang ada pada server website seperti file HTML, CSS, Javascript, teks, image, dll.

Web Cache adalah teknologi yang digunakan di web browser dan software aplikasi lainnya sebagai 'penyimpanan sementara' atau 'mengingat' sumber halaman web yang pernah dikunjungi pada local disk. Data penyimpanan sementara ini disebut 'Cache' atau tembolok.

Dan ketika kita mengunjungi lagi website atau halaman web yang sama, maka kali ini browser 'mengingat' dan hanya mendownload 'konten update' pada website tersebut serta menggabungkan dengan Cache atau 'penyimpanan sementara'.

Begitulah manfaat dari web Cache dalam membantu 'hemat' penggunaan bandwidth, beban server, dll. Dan klimaksnya hal tersebut dapat membantu website menjadi lebih cepat saat diakses.

Bagamaimana Cara Mengatasi atau Memanfaatkan Leverage Browser Caching?

Untuk memanfaatkan Leverage Browser Caching ini maka server web harus mengizinkan dan memungkinkan web browser untuk 'menyimpan data sementara' halaman web yang dikunjungi pada local disk. Next question, bagaimana caranya?

Untuk mengizinkan web browser memanfaatkan cache website, kita perlu mengatur tanggal expire konten dengan menambahkan Cache-Control dan ETag dalam header HTTP. Cache-Control menyatakan tentang caching period file tertentu dengan browser sedangkan Etag digunakan untuk memverifikasi perubahan cached resources dan resources yang diminta. Kita bisa menetapkan periode waktu dalam bulan atau tahun untuk menjaga cache resources tetap berada pada local disk (seperti HTML, CSS, Javascript, images, dll). Silakan mengatur tanggal expire sesuai frekuensi perubahan resources.

Ada 2 cara untuk mengoptimalkan Leverage Browser Caching di Wordpress

- Cara yang pertama adalah dengan menambahkan kode di bawah ini ke dalam .htaccess di server web anda.
  •  Buka Cpanel website,buka file manager kemudian pilih Public Html dan edit file .htaccess tambahkan kode berikut :
# Start Expires Caching #
ExpiresActive On
ExpiresByType text/css "access 1 month"
ExpiresByType text/html "access 1 month"
ExpiresByType image/gif "access 1 year"
ExpiresByType image/png "access 1 year"
ExpiresByType image/jpg "access 1 year"
ExpiresByType image/jpeg "access 1 year"
ExpiresByType image/x-icon "access 1 year"
ExpiresByType application/pdf "access 1 month"
ExpiresByType application/javascript "access 1 month"
ExpiresByType text/x-javascript "access 1 month"
ExpiresByType application/x-shockwave-flash "access 1 month"
ExpiresDefault "access 1 month"
# End Expires Caching #

- Cara kedua yaitu dengan menggunakan plugin
  • Download dan install plugin Leverage Browser Caching, dengan cara tambah plugin baru di dashbord WP dan cari 'Leverage browser caching ninjas' di pencarian plugin.<


  • Kalau sudah di dwonload lalu aktifkan,biarkan pengaturan default.

Coba cek kecepatan website anda setelah di optimalkan Leverage Browser Caching dengan menggunakan mode incognito maupun dengan komputer lain, atau bisa langsung cek di GTmetrix.apakah masih ada atau sudah tidak ada.

PageSpeed Ninja merupakan salah satu plugin untuk mengatasi Leverage Caching Browser di Wordpress, silahkan anda pilih sesuai dengan selera anda.Demikian yang bisa saya berikan,semoga bermanfaat. Terima Kasih.
LihatTutupKomentar