Cara Setting Yoast Seo Terbaru 2018

Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2018. Bagi kalian pengguna wordpress pasti sudah tidak asing lagi dengan plugin yang satu ini, ya yoast seo adalah salah satu dari 2 plugin seo yang sangat populer (satunya lagi All in One Seo). saya sendiri menggunakan plugin ini untuk website/blog wordpress saya, karena menurut saya plugin ini sangat mudah dalam pengoptimasinya dibandingan dengan All in One SEO.

Baca Juga : Seo Adalah ?

Plugin ini memang sifat nya hanya membantu anda dalam pengoptimasian SEO hanya beberapa persen saja, terutama di bagian onepage nya, namun tidak di pungkiri, cara setting yoast SEO cukup berpengaruh terhadap blog di mata mesin pencari.

Yoast SEO tersedia dalam 2 versi,yaitu versi gratis dan premium / berbayar, saya sendiri menggunakan versi gratis nya, di samping belum ada dana buat beli yang premium, versi gratis ini sudah membuat saya puas dengan hasilnya.

Secara garis besar, fungsi dari yoast seo ini adalah membantu anda dalam pengoptimasi onepage sebuah blog / website. untuk optimasi onepage sendiri terdiri dari beberapa hal, diantaranya :

  • Meta title
  • Meta description
  • Struktur Internal Link
  • Keyword density
  • Optimasi gambar
  • dan masih banyak lainnya.
Indikator Yoas SEO

Cara Setting Yoast Seo Terbaru













Indikator pada gambar di samping akan bewarna hijau jika semua kriterianya sudah terpenuhi, menjadi orange jika masih ada kekurangan, dan menjadi merah jika sama sekali belum terpenuhi.

Namun anda jangan terpengaruh dengan indikator ini, isi saja sesuai dengan keywoard yang ada bidik.

Langsung saja saya akan memberikan tutorial Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2018

Saya akan membeberkan secara detail cara setting yoast seo terbaru 2018 dengan memberikan keterangan di setiap fungsinya.

Artikel ini menggunakan wordpress versi 4.9.8 dan menggunakan yoast seo versi 8.4, jika nanti ada update an dan ada fitur terbaru akan saya update artikelnya, dan ingatkan saya di kolom komentar jika ada ulasan fitur yang sudah tidak relevan.

1. Menu General

Di bagian ini ada 3 tab utama yaitu :
  • Dashboard (tidak di bahas karena isinya hanya notifikasi saja)
  • Features
  • Webmaster Tools
#Features

Cara Setting Yoast Seo Terbaru











- SEO analysis saya nyalakan
- Readability analysis juga saya nyalakan, ini fungsinya untuk memberi saran untuk struktur dan gaya penulisan.
- Cornerstone content juga saya nyalakan, ini untuk menandai artikel pilar saya, dan memberi sinyal ke mesin pencari bahwa artikel tersebut penting.
- Saya menyalakan Text Link Counter, untuk mengetahui jumlah internal link di artikel.
- Saya aktifkan XML Sitemaps, ini untuk melihat sitemap di blog saya, untuk mempermudah google merayapi blog saya. (untuk mengetahui sitemap nya bisa dengan cara klik tanda tanya di samping tulisan XML Sitemaps)

Cara Setting Yoast Seo Terbaru









 - Ryte integration saya aktifkan, Ryte ini seperti third party yang akan memantau blog saya apakah masih terindex di google atau tidak.
- Saya mematikan admin bar menu, kalau diaktifkan akan muncul menu logo "Y" diatas di bagian dashboard, tidak penting
- No advanced setting for authors juga saya matikan, karena hanya satu pengelola blog nya.

Catatan : Kalau anda punya beberapa penulis / author, sebaiknya nyalakan item ini, agar fitur advanced di yoast meta box dibawah post editor (logo gear) , hanya tampil jika administrator yang login, karena dalam fitur advanced, bisa untuk menghapus sebuah postingan dari mesin pencari, dan mengganti url resmi, dan untuk keamanan nyalakan saja fitur ini jika banyak penulis blog.

#WebmasterTools

Cara Setting Yoast Seo Terbaru













Di versi terbaru yoast, ada 4 mesin pencari terbesar yaitu Google, bing, yandex, dan baidu.
Untuk cara verifikasinya cukup mudah, klik saja pada bagian link di bawah masing-masing kolom, nanti akan ke halaman web masing-masing dan tinggal ikuti saja langkah-langkah nya sampai selesai.

Menurut saya, bagian ini sangat penting, agar blog anda ter identifikasi dengan baik oleh mesin pencari, bagi anda yang ingin mengoptimasi seo, harusnya anda patuh terhadap semua yang diminta oleh mesin pencari, termasuk memverifikasi blog ke dalam data mereka.

2. Menu Search Apperance

Bagian ini berkaitan dengan identitas blog anda yang akan ditampilkan ke mesin pencari, dan juga untuk menentukan sektor mana saja yang diizinkan untuk terindex di mesin pencari.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru













Di tab pertama yaitu General, ini untuk mengisi meta title dan deskripsi halaman pertama (homepage), disitu saya isi di page nya,jadi saya tidak ubah apa-apa.

Bagian ini mencerminkan apa isi, maksut dan tujuan blog anda dibuat, ini juga akan memberitahu kepada mesin pencari tentang identitas blog anda.

Saran saya isikan atau sisipkan kata yang sesuai dengan isi blog anda, bisa juga dengan menyisipkan keyword yang anda bidik.

Untuk bagian bawah yaitu Knowledge Graph bisa isi sesuai keperluan anda, pilihan ini optional saja dan akan muncul di Google's Knowledge Graph.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru














Di tab yang ke 2 yaitu Content Types, lihat gambar diatas

Ada 2 isi yaitu Post dan Page, Post merupakan tempat anda untuk membuat artikel, sedangkan Page adalah tempat untuk membuat halaman.

Bagian ini berkaitan dengan sitemap, jika dinyalakan maka semua postingan dan page anda akan tampil di sitemap dan akan diindex oleh mesin pencari. jika tidak dinyalakan maka tidak akan keindex.

Untuk SEO title nya saya biarin default, bisa anda ubah sesuai selera anda, dan saya kosongin untuk deskripsinya.

Di bagian page juga sama seperti post.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru














Tab selanjutnya yaitu Media, saya mematikan fitur yang meredirect url media ke attachment, Yoast merekomendasikan untuk memilih YES, karena pada saat upload gambar, wordpress akan otomatis membuat link attachment, saya tidak memerlukannya makan saya pilih NO.

Untuk bagian bawah nya saya biarin ke pengaturan default nya.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru














Di tab ke 4 yakni Taxonomies, yang terdiri dari category, tag, dan format. saya hanya menonaktifkan di bagian categories nya saja, karena saya tidak mau categories saya terindex oleh google.

Untuk ini tergantung cara dan strategi SEO si, saya mengoptimasi SEO berdasar tiap-tiap artikel dan tag, jadi saya non aktifkan categori, Beda dengan web yang besar seperti portal berita yang memiliki ribuan artikel, dan memiliki banyak artikel yang mirip, daripda anda mengoptimasi sebuah kata kunci yang malah akan membuat artikel anda sendiri yang bersaing, lebih baik langsung mengoptimasi kategorinya.

Jadi yang akan muncul langsung kategori utamanya, yang jika di klik berisi banyak artikel yang berkaitan.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru














Tab archives saya nonaktifkan, karena saya hanya memiliki 1 Author, dan author archives itu sama seperti homepage. Jika saya aktifkan akan membuat duplikat conten di SERP.

Jika di matikan maka akan redirect ke homepage, anda bisa juga mengaktifkan nya dan memberikan label noindex. agar tidak double di SERP.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru











Tab Breadcrumbs merupakan fitur untuk memberitahu pembaca letak sebuah artikel secara hierarki, contoh artike yang berada di kategori SEO, maka tampilan breadcrumbs nya akan seperti ini :

Home -> SEO -> Judul artikel

Itu biasanya tampil diatas judul artikel, jika anda klik tulisan SEO maka akan menuju di kategori SEO. namun jika di klik Home maka akan kembali ke halaman depan.

Saya sendiri memilih tidak mengaktifkannya, kembali lagi ke selera masing-masing :)

Cara Setting Yoast Seo Terbaru













Kita ke tab terakhir di Search Apperance yaitu Rss, untuk fungsi dari tab ini saya kurang mengetahui, jadi saya biarkan saja default pengaturan nya.

Jika kalian ada yang tau fungsinya,silahkan kasih tau ke saya lewat kolom komentar.


3. Search Console

Fungsi dari bagian ini untuk mengintegrasikan Yoast dengan profil blog yang sudah anda buat di Search Console, pada intinya, Google Search Console ini sangat penting dan salah satu hal yang wajib anda lakukan saat baru selesai membuat blog, anda bisa mendaftarnya melalui artikel saya Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster .

Cara Setting Yoast Seo Terbaru








Cara menautkannya masuk ke tab setting kemudian klik 'Authenticate with Google' jika anda belum menautkannya.


4. Social

Bagian ini berfungsi untuk memberitahukan kepada mesin pencari akun-akun media sosial apa saja yang terkait dengan blog anda.

Cara Setting Yoast Seo Terbaru













Isi masing-masing url sosial media yang anda ingin kaitkan dengan blog, disini saya tidak mengaitkan satupun sosial media di blog saya.

5. Tools

Cara Setting Yoast Seo Terbaru








Untuk bagian ini saya juga kurang mengerti dengan fungsi-fungsinya, maka saya biarkan saja default :)

Kesimpulan

Jika optimasi dan pengaturan yang anda lakukan sudah benar, maka blog anda sudah bisa bersaing di search engine untuk memperoleh peringkat terbaik.

Kalau ada yang belum anda pahami,silahkan tinggalkan komentar di bawah, insyaAllah saya jawab.

Semoga bermanfaat :)
LihatTutupKomentar