12 Teknik Belajar SEO Wordpress Pemula Terbaru

Belajar SEO Wordpress - Merupakan trik yang bisa anda gunakan sebagai pemula dalan dunia blogging dengan menggunakan CMS yang cukup populer saat ini yaitu Wordpress. sebenarnya ada banyak trik yang bisa anda gunakan untuk mendongkrak posisi web anda di search engine google, diantaranya adalah memasukan keyword ke dalam title, deskripsi maupun di dalam artikel itu sendiri.

Kali ini saya akan memberikan tekniknya kepada anda dengan cara yang saya terapkan di website saya yang memakai cms Wordpress, website nya www.corekomputer.com dengan keyword 'Jasa Service Komputer Kendal'. cek langsung teknik-teknik nya.
Belajar SEO Wordpress

Berikut Teknik Belajar SEO Wordpress Untuk Pemula

1. Install Plugin SEO untuk Wordpress

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memasang atau menginstal plugin untuk SEO di Wordpress, plugin SEO di wordpress yang cukup terkenal ada 2, yaitu All in One SEO dan Yoast SEO, untuk website-website saya, saya menggunakan Yoast SEO karena lebih mudah untuk penggunaannya, untuk cara mengaturnya bisa kalian baca di artikel saya Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2018 . Sedangkan untuk cara menginstall nya banyak caranya di Google.


2. Pengoptimalan di Permalink

Di wordpress sendiri,secara default akan menghasilkan permalink yang cukup panjang, yaitu biasanya berupa tanggal, bulan, tahun, dan judul postingan, sebagai contohnya seperti di bawah ini

https://corekomputer.com/2018/11/23/judul-posting

Sedangkan permalink yang disukai oleh Google adalah permalink yang mengandung keyword ataupun kata kunci yang tertarget, dan bagi Google, permalink yang cukup singkat lebih di sukai oleh google, saya sarankan untuk menghilangkan tanggal, bulan, dan tahun yang ada di permalink default wordpress, contohnya sebagai berikut

https://corekomputer.com/judul-postingan

Untuk cara mengatur agar permaling seperti itu yaitu dengan cara klik menu setting -> Permalink, lalu pilih dibagian custome structure dan anda tambahkan html di belakang nya, lihat gambar

Belajar SEO Wordpress


3. Rise Kata Kunci atau Keyword

Kata kunci merupakan kunci utama anda dalam bermain SEO, jika anda seorang pemula maka saya sarankan untuk menggunakan kata kunci yang persaingannya tidak terlalu berat, agar website anda mudah untuk masuk ke halaman pertama google, namun jangan juga mencari kata kunci yang tidak ada yang mencari, karna akan membuat tulisan anda sia-sia tidak ada yang membaca.

Tools yang digunakan untuk me riset kata kunci cukup banyak, anda tinggal pilih mana yang kalian sukai, saya sendiri biasanya meggunakan google planner, ubersuggest dan Keyword Everywere, disitu kalian akan melihat tingkat persaingan di tiap-tiap keyword yang kalian buat, untuk penerapannya bisa kalian baca Cara Riset Keyword Dengan Mudah


4. Meletakkan Kata Kunci di Postingan

Meletakkan keyword dalam postingan akan mempermudah roboh google dalam merayapi website anda, letakkan di bagian awal paragraf dan diakhir, namun jangan terlalu banyak meletakkan keyword di dalam postingan.


5. Masukan Site Title di Yoast SEO

Yoast SEO menyediakan fasilitas untuk memasukan kata kunci tertarget di setiap postingan kalian, anda tinggal mengisi saja site title itu sesuai dengan kata kunci yang anda bidik, namun disini ada batasan karakternya, yaitu 75 karakter, disini saya mengambil contoh dari website lain yang menggunakan wordpress. lihat gambar

Belajar SEO Wordpress


6. Masukan Meta Description di Yoast SEO

Setelah kalian memasukan site title di yoast, selanjutnya anda juga harus memasukan meta description yang ada di bawahnya, hal yang perlu diingat dan di perhatikan ketika mengisi meta description adalah dengan memberikan descripsi yang relevan dengan isi post / keyword yang di bidik, ataupun bisa anda masukan isinya dengan kata kunci yang anda target dengan di pisahkan dengan koma dan spasi, intinya boleh di masukan dengan semua isinya kata kunci dan di pisahkan oleh koma dan spasi, ataupun bisa diisi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata kunci.
Belajar SEO Wordpress

7. Gunakan Header (H1, H2, dan H3)

Google akan merayapi sebuah artikel yang memiliki header H1, H2, H3 dan seterusnya untuk meningkatkan relevansi konten dan keyword.

Secara default biasanya judul sudah menggunakan H1, tinggal kalian tentukan dan masukan sub judul ataupun bagian yang lain dengan H2, H3 disana.


8. Masukan Keyword di Gambar

Tidak hanya artikel tulisan saja yang harus di optimasi SEO nya, namun gambar yang menyertai artikel juga perlu di optimasi, agar bisa muncul di pencarian gambar google.

Caranya yaitu dengan memasukan keyword di Alternative Text atau Title di gambar

Belajar SEO Wordpress


9. Masukan Keyword di Paragraf Pertama

Google akan melakukan perayapan yang dimulai dari paragraf pertama, jika memungkinkan tambahkan keyword yang kalian bidik di paragraf pertama artikel, jika kalian menggunakan Yoast SEO anda akan diberitahu di paragraf pertama sudah ada apa belum, yang diberi tanda merah.
Belajar SEO Wordpress


10. Masukan Internal Link kedalam Artikel

Internal Link adalah link artikel yang menuju ke web anda juga, atau bisa di katakan link dari artikel anda yang lain masuk ke artikel lain, contohnya seperti di No 1 diatas, Internal link merupakan salah satu pondasi dalam SEO.


11. Masukan Sitemap XML di Webmaster Tool 

Cara ini agar Google lebih mudah dalam merayapi website anda, caranya bisa kalian baca di postingan saya Cara Memasukan Sitemap Website kedalam Webmaster Tool Google

12. Bangun Backlink

Yang terakhir yaitu bangun backlink yang berkualitas, setelah anda selesai melakukan optimasi onpage dengan baik, langkah selanjutnya yaitu bangun backlink yang berkualitas, tinggal kalian tunggu hasilnya, website anda akan merangkak naik secara perlahan di mesin pencari Google.

Demikian tutorial 12 Teknik Belajar SEO Wordprees Pemula yang bisa saya sampaikan, jika ada yang belum paham bisa ditanyakan di komen, terima kasih.
LihatTutupKomentar