Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7

Semua jenis laptop yang beredar saat ini sudah di bekali dengan adapter Wifi. dengan adanya wifi kita bisa dengan mudah konek ke koneksi internet dan berselancar di internet tanpa perlu bantuan kabel maupun modem, apalagi sekarang di berbagai tempat sudah menyediakan koneksi Wifi gratis, seperti cafe, taman kota, sekolah dan lainya.
Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop
Di laptop sendiri, wifi bisa di hidupkan maupun di matikan untuk menghemat daya baterai, kita juga bisa dengan mudah menghidupkannya ketika kita ingin menggunakanya.

Windows 7 merupakan operating sistem yang saat ini masih menjadi primadona bagi pengguna laptop, cara penggunaan nya yang mudah dan sudah familiar membuat pengguna windows 7 enggan beralih ke windows update an terbaru. kali ini saya akan memberikan Cara Mengaktifkan Wifi di laptop Windows 7 di berbagai macam brand laptop seperti Toshiba, Asus, Acer, Dell, Lenovo, Axio, Hp dan brand lain yang tidak bisa saya sebutkan semuanya. berikut langkah-langkah nya :

#Menggunakan Tombol Wifi di Laptop

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop
Cara pertama yang bisa kalian gunakan adalah dengan menekan atau mengaktifkan tombol wifi yang ada di laptop, namun tombol ini hanya ada di beberapa jenis merek laptop saja, tidak semua laptop menyediakan tombol ini.

Tombol ini biasanya berada di dekat keyboard, bisa di atas maupun di samping keyboard, tergantung dengan laptop yang kalian gunakan, cara untuk mengaktifkan nya sangatlah mudah, cukup kalian tekan saja tombol tersebut, tombol itu biasanya dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala jika Wifi sudah aktif, dan untuk mematikanya kalian cukup menekanya kembali sampai lampu indikatornya mati.

#Menggunakan Tombol Kombinasi Fn

Jika di laptop kalian tidak ada tombol wifinya langsung, kalian bisa menggunakan cara yang ke 2 ini, Ya, hampir semua laptop saat ini sudah ada tombol function khusus di keyboard untuk mengaktifkan Wifi, dan tombol function ini biasanya diantara kode F1 sampai F12 terletak di atas tombol angka, tergantung laptop yang kalian gunakan.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop

Pertama, cari tombol mana di keyboard yang ada icon wifinya, contoh diatas icon Wifi berada di tombol F3, maka cara mengaktifkannya tinggal kalian tekan tombol kombinasi Fn dan F3 secara bersamaan.

Namun, ada beberapa tipe laptop yang bisa dinyalakan Wifinya langsung dengan tombol yang berlogo Wifi beberapa detik tanpa harus menekan bersamaan dengan tombol Fn, silahkan kalian coba mana yang cocok dengan laptop anda.

#Mengaktifkan Adapter Wifi

Jika dengan cara diatas Wifi belum nyala, maka kalian bisa menggunakan cara ini dengan mengaktifkan adapter wifi di laptop yang kalian gunakan, langsung saja saya berikah langkah-langkahnya :
  • Buka start menu dan pilih control panel
  • Klik di kategori "Network and Sharing Center"
  • Di bagian sebelah kiri, klik opsi "Change Adapter Setting"
  • Cari icon Wifi yang kalian gunakan, kemudian klik kanan dan pilih opsi "Enable"
  • Sekarang wifi kalian sudah bisa digunakan.
#Install Driver Wifi

Kalian sudah melakukan langkah di atas namun wifi belum menyala juga? tenang jangan panik, mungkin driver wifi kalian belum diinstal. cara menginstall nya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukan DVD driver yang biasa di dapatkan sewaktu membeli laptop tersebut  dan langsung menginstalnya secara manual.

Namun jika kalian tidak memilikinya, kalian harus mengunduh driver tersebut di vendor laptop yang digunakan, ada cara praktisnya yaitu dengan mencarinya secara otomatis melalui internet, namun pastinya cara ini dilakukan jika laptop kalian sudah konek internet, bisa menggunakan kabel LAN maupun modem. berikut saya berikan caranya :
  • Tekan tombol kombinasi logo windows + E , untuk membuka explorer
  • Kemudian di Computer sebelah kiri, klik kanan dan pilih "Manage" 
  • Pilih "Device Manager" , dan cari adapter wireless yang digunakan, klik kanan dan pilih "Update driver software"
  • Di jendela yang muncul pilih "Search automatically.."
  • Tunggu sampai proses pencarian driver nya selesai dan menginstallnya.
Demikian tutorial Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7 yang dapat saya berikan, jika ada yang belum jelas ataupun tambahan caranya,jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah, terima kasih.
    LihatTutupKomentar