Cara Mudah Screenshot di Komputer

Cara Mudah Screenshot di Komputer
Screenshot atau bisa disebut juga dengan istilah 'screen capture' merupakan suatu kegiatan untuk menangkap layar / mengambil gambar dari perangkat seperti komputer, smartphone, tablet dan lain-lain. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi yang lebih akurat pada gambar yang akan diambil, yang berupa desain gambar, desain desktop, situs web, chat, dan lain sebagainya.

Mengambil gambar di suatu perangkat bisa dikatakan sangat mudah sekali, namun masih banyak juga orang awam yang belum bisa mengambil gambar di komputer.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengambil screenshot di komputer baik di windows 7, windows 8, bahkan di windows 10 sekalipun, saya hanya akan memberikan 2 cara yaitu dengan tidak menggunakan aplikasi tambahan dan menggunakan aplikasi penangkap layar.

Langsung saja saya berikan Cara Mudah Screenshot di Komputer, berikut caranya :

#1. Menggunakan Tombol 'Prt Scrn' (print screen) di keyboard

Cara Mudah Screenshot di Komputer
Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengambil screenshot di komputer, anda hanya perlu menekan tombol 'Prt Scrn' di keyboard pada pojok kanan atas, kemudian tinggal kalian buka aplikasi paint yang merupakan aplikasi bawaan windows, caranya tulis paint di Start Menu kemudian tinggal buka saja aplikasi paint nya, jika sudah kebuka tinggal pastekan dengan cara tekan tombol Ctrl + V pada keyboard, otomatis kalian akan melihat tangkapan layar di aplikasi paint tersebut, jika sudah silahkan save.

Kekurangan dari cara ini adalah kita hanya bisa mengambil layar secara penuh, untuk meng crop nya kalian harus melakukan nya di aplikasi paint.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Lewat HP dan PC

#2. Menggunakan Aplikasi Lighshot

Cara Mudah Screenshot di Komputer
Cara ini adalah cara yang saya gunakan untuk saat ini, karena lebih mempermudah kita untuk menangkap layar, banyak fitur yang di tawarkan oleh lighshot, diantaranya kita bisa memilih bagian mana yang akan diambil, menambah tulisan, garis, coretan dan lain lain.

Berikut cara menggunakannya :
  • Download dulu aplikasinya disini
  • Setelah itu instal aplikasinya sampai selesai
  • Kemudian tekan Prnt Scrn di keyboard.
  • Pilih bagian mana saja yang ingin anda ambil dengan menyeret nya dengan kursor.
  • Untuk melakukan editing, pilih kotak di bagian pojok kanan, anda bisa menambahkan garis, tulisan coretan dan lainnya.
  • Jika sudah selesai, klik tombol simpan untuk menyimpannya, anda juga bisa memilih copy jika hanya ingin di tempel di suatu tempat.
Itulah 2 Cara Mudah Screenshot di Komputer yang bisa kalian gunakan, bisa memilih pakai aplikasi maupun tidak memakai aplikasi tambahan, tergantung cara mana yang kalian suka, demikian tutorial yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar