Cara Memasukan Akun Gmail Ke Outlook Terbaru

Mengakses Gmail akan lebih mudah dilakukan melalui perangkat handphone, tablet maupun membuka langsung dari browser website gmail. Tapi akan menjadi masalah jika alamat email dipunyai oleh user banyak dan berasal dari surel yang berbeda-beda.

Untuk lebih mempermudah nya kita bisa menggunakan aplikasi client agar manajemen surel lebih teratur, tersentral dan juga bisa dibackup secara offline.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara memasukan akun gmail ke outlook agar dapat mengirim dan menerima email dengan mudah.

Langsung saja kita ke langkah yang pertama, yaitu aktifkan setting SMTP/POP di gmail agar aplikasi mail client seperti outlook, thenderbird dan mail windows (windows 10) bisa terhubung tanpa adanya masalah dengan server Google.

Caranya buka akun Gmail langsung dari websitenya, klik icon gear di pojok kanan atas pilih setting / pengaturan, klik tab Forwarding and POP/ IMAP, Enable IMAP dan klik Save Changes, lihat gambar dibawah.

Setelah langkah pertama selesai, lanjutkan dengan membuka halaman less secure apps  dengan mengeklik link ini https://myaccount.google.com/lesssecureapps dan pastikan toggle menjadi ON / Menyala,  (jangan sampai lupa langkah ini, kalau tidak dilakukan "Gmail tidak bisa mengirim email dari outlook)

Baca Juga : Cara Export dan Import Email Outlook

Cara Memasukan Akun Gmail Ke Microsoft Outlook

Pada tutorial ini saya menggunakan Microsoft Outlook 2007, buka outlook kemudian masuk ke menu Tools -> Account Setting -> Klik New -> Klik Next.

Di Add New E-mail Account pilih Manually configure server kemudian Next dan Klik Next lagi.

Isi data nama dan alamat email anda, account type  pilih IMAP. Incoming Mail Server = imap.gmail.com, Outgoing mail Server = smtp.gmail.com, di bagian bawahnya masukan alamat email kalian dan juga paswordnya.

Jika sudah, kemudian klik More Setting maka akan kebuka jendela email setting, di tab Outgoing Server beri ceklis di My Outgoing Server (SMTP) requires authentication. Pindah ke tab Advance, di incoming server (IMAP) masukan 993 dan pilih SSL, sedangkan di outgoing server (SMTP) masukan 465 dan pilih SSL. kemudian klik OK.
Jika sudah klik Test Account Setting dan pastikan hasilnya Complete semua, kemudian klik Next.

Selamat sekarang kalian bisa berkirim dan menerima email gmail melalui aplikasi microsoft outlook, semoga bermanfaat :)
LihatTutupKomentar