Cara Backup dan Import Data Artikel di Blog

Backup dan Import Data Artikel di Blog
 Cara Backup dan Import Data Artikel di Blog - Bagi para blogger untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti blog yang tiba-tiba di hapus oleh Google, hingga hilang dari pencarian Google adalah dengan melakukan backup seluruh data artikel postingan blog.

Ini merupakan salah satu kelemahan dari blog yang dibuat menggunakan platform Blogger atau Blogspot. Kalian sebagai pembuat blog, tidak memiliki hak penuh terhadap blog itu sendiri, walaupun blog yang kalian buat memiliki artikel yang sangat banyak, dan juga kalian buat dengan sebaik mungkin tetap saja pemilik blog yang kalian buat sebenarnya adalah Google. Kalian sebagai pembuat blog hanya memiliki hak mengisi artikel untuk postingan blog dan juga memodifikasi seluruh tampilan blog, sehingga pembuat blog yang dianggap melakukan kesalahan dengan melanggar aturan-aturan yang dibuat oleh Google, maka kemungkinan terburuknya adalah blog yang sudah susah payah kalian bangun akan dihapus oleh Google.

Dihapusnya blog oleh Google yang dikarenakan telah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, seperti spam, membuat konten yang memiliki hak cipta, melakukan copy-paste, dan alasa lainnya. mungkin akan bisa diterima oleh si pembuat blog, namun yang tidak bisa di terima adalah blog yang tiba-tiba di hapus oleh Google sementara pembuat blog tidak merasa melanggar kebijakan yang dibuat oleh Google.

Kejadian itu mungkin bisa saja terjadi, karena bisa jadi ada blooger lain yang iri dengan kemajuan blog yang kalian miliki, sehingga mereka melakukan sabotase terhadap blog kalian dengan melakukan hal-hal yang negatif dan merusak citra blog dimata Google.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya pindah dari platform Blogspot ke platform lain, mengisi dan membuat konten blog yang tidak melanggar TOS, meningkatkan keamanan blog, dan melakukan Backup terhadap seluruh data blog kalian.

Backup berfungi untuk menyimpan data blog kedalam komputer kita sendiri, jadi jika ada kemungkinan terburuk blog kalian dihapus oleh Google kalian tinggal memulihkan blog denga menggunakan file backup tersebut.

Baca Juga : Cara Pasang Fanspage Facebook di Blog

Untuk melakukan Backup atau mengeksport semua data artikel blog, kalian tidak perlu menggunakan software atau aplikasi pihak ke 3, karena di blogger sudah ada sebuah fitur untuk membackup seluruh data blog dengan utuh (seluruh artikel, halaman, komentar, draft). Oleh karena itu, jika kalian sudah membackup data artikel ke komputer kalian sendiri akan aman, untuk melakukan Backup dan Eksport data blog silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Backup Data Artikel di Blog

1. Pertama kalian harus login ke halaman dashboard blog.
2. Pilih menu Setelan atau Setting, dan pilih Lainnya / Other.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

3. Untuk melakukan backup, pilih bagian Impor &  Backup, dan klik tombol "Backup Content"
Backup dan Import Data Artikel di Blog

4. Setelah di klik akan muncul jendela kecil seperti gambar, klik Simpan ke komputer / Save to your computer.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

Tunggu sampai proses pendownload an selesai, lama tidaknya tergantung banyaknya artikel yang ada di blog dan juga kecepatan koneksi internet yang dipakai. Jika sudah selesai kalian akan mendapati sebuah file dengan nama sesuai tanggal ketika kalian melakukan backup dan ber-ekstensi .xml.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

Pastikan file yang sudah di download tidak mengalami corrupt, corrupt sendiri biasa terjadi karena koneksi internet yang lambat dan tidak stabil, jika file tersebut corrupt, maka sudah di pastikan file itu tidak bisa digunakan ke blog lain.

Baca Juga : Cara Pasang Script Anti Adblock di Blogger

Cara Impor File Backup ke Blog Lain

Meng-impor file backup data blog sebenarnya sangat mudah, langkah-langkahnya tidak berbeda jauh dengan cara membackup nya.

1. Masuk ke Dashboard blog kalian.
2. Klik menu Setting/Setelan, kemudian pilih Other/Lainnya.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

3. Dibagian Impor & Backup pilih dan klik timbol Impor Kontent.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

4. Akan muncul jendela Impor Konten, beri centang di reCaptcha untuk memverivikasi jika kalian bukan robot, dan JANGAN beri ceklis di pilihan Publikasikan semua postingan dan halaman yang telah diimpor secara otomatis, karena bisa jadi akan dianggap spam akibat banyak postingan yang di publikasikan secara beruntun.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

5. Jika sudah, silahkan klik Impor dari Komputer / Impor Form Computer.
6. Akan terbuka jendela untuk memilih file backup yang sudah kalian download, pilih file nya dan klik Open.
Backup dan Import Data Artikel di Blog

Silahkan tunggu hingga proses opload selesai, sama halnya dengan backup, proses ini tergantung dari kecepatan internet yang dipakai dan juga banyak tidaknya artikel yang ada di file tersebut.
Setelah selesai opload, kalian akan mendapati semua artikel, komentar, halaman dan lainnya pada menu postingan sebagai Draft yang siap untuk di publikasikan satu persatu.

Demikian tutorial singkat tentang Cara Backup dan Import Data Artikel di Blog yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. terima kasih :)
LihatTutupKomentar