Kenapa Jumlah Shuttlecock harus 14 - 16 Bulu?


 Halo sahabat Mas Dezta, berjumpa lagi dengan Mauli Dezta Lentama admin yang paling Kece.

Apakah Kalian tau Shuttlecock atau Kok pada bulu tangkis harus berjumlah 14 - 16 Bulu? Ha? Belum tau? Oke, kalau belum tau ayo kita bahas.


Nama bola Kok berasal dari bahasa Inggris, yaitu Cock yang berarti Ayam Jantan. Berarti ayam jantan dahulu dipukul-pukul untuk bermain Bulu tangkis? Ya tentu tidak. Disebut seperti itu karena pada mulanya Bola Kok dibuat menggunakan bulu ayam jantan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Bola Kok diganti menggunakan bulu angsa karena dianggap lebih ringan dan juga dapat mempercepat kecepatan bola. Sebutan Cock juga diganti dengan Shuttlecock oleh orang Inggris. Hal ini dikarenakan Bola Kok dipukul Bolak-balik saat di Lapangan.

Lalu, apakah kalian pernah menghitung ada berapa jumlah Bulu pada Shuttlecock? Mungkin ada yang sudah pernah dan bahkan ada yang menganggap itu kurang kerjaan. Tapi jika dihitung, jumlah bulu pada Shuttlecock pasti ada 14-16 bulu. Kenapa harus segitu ya? Jumlah bulu pada Shuttlecock harus berjumlah 14 - 16 dikarenakan standar yang telah ditetapkan oleh BWF. Biasanya Shuttlecock yang berstandar BWF berjumlah 16 Bulu (Bukan biasanya, memang harus). Hal ini dikarenakan agar bola Kok dapat simetris sehingga kecepatan meluncurnya juga bisa melambung jauh. Bukan hanya itu saja, Panjang setiap helai Bulu Shuttlecock juga harus sama, yaitu sekitar 62 mm dan 70 mm.


Bagaimana? Sudah tau kan sekarang? 

Cukup sekian artikel yang dapat Mimin berikan kali ini. Kalau ada Koreksi, silahkan ketik dikolom komentar yaaa....

Terimakasih.

LihatTutupKomentar