Kenapa Permainan Sepakbola Dimainkan Dalam Waktu 2 × 45 menit?


 Halo sahabat Mas Dezta, kembali lagi dengan saya Mauli Dezta Lentama admin yang paling keche. Pada kesempatan kali ini Mimin akan membahas tentang waktu permainan sepak bola yang berjalan selama 2 × 45 menit. Kenapa ya waktu permainan sepak bola harus 2 × 45 menit? Yuk baca artikel berikut ini.

Permainan sepak bola dibuat 2 × 45 menit karena jumlah pemain per-tim ada 11 pemain. Masing-masing pemain memiliki 2 bola. Jadi, tim pertama memiliki 22 bola. Tim lawan juga ada 11 pemain yang masing-masing memiliki 2 bola juga. Jadi 22 + 22 = 44. Nah, bola yang satu adalah bola yang perebutkan dalam permainan. Tapi itu baru ada 45, kok bisa jadi 2 × 45 menit? Ingat! Wasit juga memiliki 2 bola. Jadi jumlah nya sudah 2 × 45 menit kan? Ya, ternyata bukan begitu asal-usul nya.

Peraturan permainan sepak bola dahulu dibuat oleh salah satu Universitas di Inggris. Buku tersebut berisi segudang peraturan yang dibuat oleh salah satu Universitas di Cambridge pada awal tahun 1860. Lalu beberapa tahun kemudian salah satu Universitas di Sheffield melakukan beberapa koreksi mengenai lamanya durasi pertandingan sepak bola. Didalam peraturan yang dimodifikasi di Sheffield, sepak bola dimainkan dalam waktu 120 menit per babak, dengan total pertandingan adalah 240 menit atau empat jam. Dan tiap tim wajib memiliki 20 pemain yang berada di Lapangan.

Pada tahun 1868 badan Federasi Sepakbola Inggris atau FA, mengubah kembali peraturan yang telah dibuat itu. Dari total empat jam permainan, dipangkas menjadi 90 menit dengan waktu perpanjangan 30 menit dan waktu masing-masing babak 15 menit. Dan jumlah pemain yang berada di lapangan juga diganti menjadi 11 orang.

Lalu kenapa 90 menit? Waktu 90 menit dirasa sebagai waktu yang ideal, dimana tiap babak nya diadakan selama 45 menit. Selain itu juga penonton tidak akan jenuh untuk menonton dan mengurangi potensi Cedera pemain akibat terlalu lelah.

Bagaimana? Sekarang sudah tau dan paham kan? Jangan lupa share ya.... Mimin akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar