Pipa PVC - Fungsi, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan

 Pipa PVC digunakan untuk menggantikan fungsi dari pipa besi yang umum digunakan untuk perumahan. Pipa ini dipilih lantaran harganya cukup terjangkau dengan material yang sangat ringan.



Dibandingkan dengan pipa besi, pipa PVC jauh lebih kuat dan tidak mudah keropos seperti pipa besi. Instalasi dan perawatannya juga tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Fungsi Pipa PVC

Pada dasarnya, pipa ini sudah sangat umum digunakan masyarakat di Indonesia. Namun mereka tak terlalu mengetahui tentang fungsi pipa PVC secara umum. Untuk itu, berikut beberapa fungsinya:
  • Pipa ini biasa digunakan untuk saluran air bersih maupun air kotor
  • Pipa PVC juga dapat digunakan untuk saluran berbagai bahan kimia berbahaya
  • Jenis tertentu dapat difungsikan sebagai pelindung kabel listrik
  • Cocok digunakan untuk aliran air dengan tekanan rendah seperti irigasi, venting bangunan hingga air minum.

Jenis Pipa PVC

Pipa PVC terbagi menjadi berbagai macam jenis. Jenisnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran, pipa ini biasanya tersedia di pasaran dengan panjang hingga 4 meter. Diameter dari pipa ini diukur dengan menggunakan inci. Untuk diameternya bervariasi mulai dari 1, 1 ¼ inch, ¾ inch, ½ inch, 2 inch, 2 ½ hingga 6 inch.

2. Berdasarkan Ketebalan

Pipa PVC dibagi menjadi 3 tipe C, AW dan D. Ketiga tipe ini memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Pipa AW merupakan pipa yang sangat tebal dan cukup kuat. Pipa ini memiliki kemampuan tekan hingga 10 kg/cm2.

Untuk pipa D sendiri memiliki ketebalan minimum dan dapat menahan beban hingga 5 kg/cm2. Pipa ini biasa digunakan untuk saluran air kotor atau limbah.

Terakhir pipa C yang merupakan pipa dengan ketebalan paling tipis diantara yang lainnya. Pipa ini cocok untuk digunakan pembungkus kabel karena teksturnya elastis, lentur dan cukup kuat.

3. Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, pipa ini dibagi lagi menjadi empat jenis yaitu pipa talang, pipa MOF, pipa polos dan pipa fitting. Pipa talang sendiri merupakan pipa yang khusus untuk pengaliran air hujan dan dipasang pada ujung jurai.

Untuk pipa MOF merupakan pipa yang salah satu ujungnya memiliki ukuran lebih besar ketimbang ujung lainnya. Pipa ini dapat disambungkan dengan pipa lain namun tak perlu menggunakan alat penyambung atau fitting.

Sedangkan untuk pipa polos, ia merupakan jenis pipa PVC yang panjang batangnya sangat konsisten. Dalam proses penyambungannya, pipa ini memerlukan fitting atau pipa penyambung.

BACA JUGA : Distributor Pipa

Terakhir, pipa fitting. Pipa ini berfungsi untuk menyambungkan lebih dari satu pipa dengan bentuk yang beragam. Jenis pipa fitting ini biasanya berbentuk L, T, PLUS, increaser dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah mengetahui tentang jenis-jenisnya, mari kita lanjut ke keunggulannya.

Keunggulan Pipa PVC

Pipa PVC adalah pipa plastik yang berbahan termoplastik dan kerap digunakan pada penyaluran air bersih. Pipa jenis ini masih banyak diminati karena harganya murah.

Selain itu, pemasangannya yang juga sangat mudah dan tidak terlalu memerlukan perawatan khusus. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pipa jenis ini:

Proses Instalasi Sangat Mudah

kelebihan pipa PVC dibandingkan pada produk lainnya adalah ia sangat mudah dalam proses instalasi. Pipa ini juga sangat mudah dipotong karena menggunakan material berbahan dasar thermoplastik.

Material dari pipa PVC ini juga sangat ringan sehingga membuatnya mudah dipasang dan dibawa. Selain itu, lapisan dari pipa ini tahan korosi sehingga aman terhadap bahan-bahan kimia dan senyawa berbahaya.

Harga Tergolong Murah

Harga pipa PVC tergolong terjangkau dibandingkan dengan jenis pipa lain pada umumnya. Aksesoris pipa tambahan serta proses pemasangannya juga tidak terlalu membuat budget membengkak.

Kokoh Dan Tidak Mudah Pecah

Pipa ini tergolong pipa plastik yang sangat kuat dan tidak mudah pecah dalam segala kondisi. Ini karena pipa terbuat dari Polyvinyl Chloride yang berkarakteristik kuat namun tetap ringan.

BACA JUGA : Jual Pipa

Pipa ini sangat tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Lantaran sifat anti korosinya, membuat pipa ini sangat multifungsi baik untuk buangan limbah, pipa air dengan tekanan dan penggunaan ventilasi udara.

Kelemahan Yang Dimiliki Pipa PVC

Setelah mengetahui berbagai macam keunggulannya, mari kita lanjut ke pembahasan soal kelemahan dari pipa PVC. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelemahan yang dimilikinya:

Sangat Peka Terhadap Sinar Matahari

Meski diklaim tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung, namun nyatanya tidak selalu demikian. Pipa ini terlalu peka terhadap sinar matahari sehingga membuatnya mudah rapuh bahkan meleleh.

Lalu bagaimana solusinya? Trik mudah agar pipa tidak mudah rapuh meski di bawah sinar matahari adalah melapisinya dengan cat lateks. Cat ini nantinya dapat melindungi pipa dari sengatan matahari secara langsung.

Memiliki Titik Leleh Yang Rendah

Kelemahan lain yang dimiliki oleh pipa ini adalah titik lelehnya yang terlalu rendah dibandingkan dengan pipa logam. Sehingga ini menyebabkan pipa akan sangat lama untuk meleleh.

Tak hanya itu, asap yang dikeluarkan saat proses pembakaran juga sangat berbahaya jika dihirup. Harga pipa ini juga semakin mahal seiring dengan besarnya ukuran dari pipa.

Meski demikian, kekurangan pipa ini tak terlalu mengganggu atau membahayakan. Yang terpenting tetap memperhatikan prosedur keamanan dalam pemasangannya.

Nah, itulah semua informasi tentang Pipa PVC yang perlu untuk Anda ketahui. Selalu pilih pipa dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan Anda.

LihatTutupKomentar