Siapakah Penemu Jam? Dan Jam Berapa Jam Ditemukan?


 Halo sahabat Mas Dezta, jam adalah alat penunjuk waktu yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita dan tentunya jam telah diciptakan sejak peradaban manusia dimulai. Jadi, Siapakah Penemu Jam? Dan Jam Berapa Jam Ditemukan? Yuk langsung ke Penjelasannya.

Jika merujuk pada jam modern, ada tiga ilmuan yang berperan pada penemuan dan pengembangan jam tersebut, yaitu:

Peter Henlein

Peter Henlein dikenal sebagai penemu dan pengembang jam modern yang berasal dari Nuremberg, Jerman pada tahun 1505 - 1511. Beliau juga berperan besar dalam pembangunan menara jam di kastil Lichtenau pada tahun 1541.

Jorst Burgi

Penemu dan pengembang jam modern yang kedua adalah Jorst Burgi yang berasal dari Jerman dan berhasil menciptakan jam yang lebih akurat dari milik Peter Henlein ditahun 1584 dan digunakan oleh para astronom pada abad ke-16.

Crhistian  Huygens

Christian Huygens merupakan ilmuan horologia asal Belanda yang berperan dalam pengembangan jam berpendulum yang lebih akurat daripada dua model jam sebelumnya. Beliau menciptakannya pada tahun 1656, dan jam model tersebut populer diproduksi dunia sejak abad ke-17 hingga era 1930an.

Lalu, jam berapa jam ditemukan? Untuk pertanyaan tersebut, memang tidak ada yang bisa memastikannya dengan jelas. Karena dahulu penemu jam saja tidak tau fungsi dari jam itu sendiri. Tapi yang jelas ada seorang Astronom yang bernama Galileo Galilei yang saat itu meneliti jam pendulum ketika sudah ada jam mekanik yang masih belum bisa menentukan waktu dengan akurat di Eropa. Itu sebabnya, tidak diketahui jam berapa Galileo mendesain jam yang ditelitinya. Sama halnya dengan jam yang akhirnya dikembangkan oleh Huygens dan dipatenkan olehnya.


Jadi bagaimana? Sudah tahu kan? Kalau begitu, sampai disini dulu artikel yang dapat Mimin berikan. Mimin akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar