Alasan Mengapa Bendera Kuning Menjadi Simbol Kematian


 Halo sahabat Mas Dezta, Kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun sakit.

Saat ada orang yang meninggal biasanya ada bendera berwarna kuning. Kira-kira apa alasan dibalik dipilihnya bendera kuning sebagai simbol kematian? Mengapa tidak menggunakan warna lain seperti merah, hijau, biru ataupun hitam? Baca penjelasan berikut ini.


 Awal dari penggunaan warna kuning bermula dari zaman kolonialisme Belanda. Dahulu, bendera ini memiliki bentuk persegi panjang polos dan berwarna kuning dengan simbol huruf Q dan dipakai sebagai tanda bagi para penderita dengan wabah mematikan yang wajib dikarantina.

Simbol "Q" berasal dari kata "Quarantine" yang merupakan wabah cepat menular dan mematikan sehingga memakan banyak korban. Oleh sebab itu, semakin banyak bendera kuning yang terlihat maka semakin banyak pula korban yang meninggal.

Setelah wabah itu selesai dan tidak menyebar lagi, bendera kuning hingga saat ini masih terlihat dan memberikan kesan yang sangat mendalam. Bendera berwarna kuning telah identik dengan kematian dan digunakan untuk menandai kematian seseorang.

Lalu dalam segi agama, warna kuning juga dilambangkan sebagai tanda keluhuran dan kedekatan dengan Yang Maha Kuasa. 

Bagaimana? Sudah tahukan? Alasan dibalik penggunaan Bendera berwarna kuning sebagai simbol Kematian? Mimin akhiri, terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar