Apa Nama Ibu Kota Negara (IKN) baru Republik Indonesia?

Design Istana Presiden di Ibu Kota Negara baru

 Halo sahabat Mas Dezta. Usulan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia dari Jakarta ke lokasi lainnya telah didiskusikan sejak masa kepresidenan Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada saat itu, Presiden SBY mendukung ide untuk membuat pusat politik dan administrasi info yang baru, karena masalah lingkungan dan overpopulasi Jakarta. Hingga pada tanggal 17 Januari 2022, Suharso Monoarfa mengungkapkan nama Ibu Kota Negara (IKN).

Suharso Monoarfa mengatakan bahwa nama Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di Wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tersebut ialah Nusantara. Nama itu juga dipilih langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Jum'at, 14 Januari 2022.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, arti nama Nusantara adalah sebutan atau nama bagi seluruh wilayah kepulauan di Indonesia.

Sedangkan menurut Wikipedia, Nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke.

Alasan nama Nusantara dipilih sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru karena nama ini sudah dikenal sejak dahulu (sekitar abad ke-12 hingga abad ke-16) dan ikonik secara Internasional. Selain itu, nama Nusantara juga mudah menggambarkan Republik Indonesia.

Bagaimana? Sudah tahu kan? Kalau begitu, mimin akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar