Darimana Belut Listrik Mendapatkan Listrik? Apa Yang Akan Terjadi Jika Belut Listrik Disetrum? Dan Siapa Yang Membayar Token saat Listrik Si Belut Habis?

 Halo sahabat Mas Dezta, Belut listrik atau Electrophorus electricus adalah sejenis ikan yang dapat menghasilkan aliran listrik berdaya kuat. Listrik yang dihasilkan bisa sampai 650 volt yang biasa digunakan untuk berburu dan membela diri. Lalu, darimana belut listrik mendapatkan listrik? Dan jika belut listrik disetrum apakah akan semakin kuat atau malah mati? Simak penjelasan berikut ini.

Prinsip kerja belut listrik dalam menghasilkan listrik sama halnya dengan prinsip kerja baterai. Kutub positif terletak pada ujung ekor dan kutub negatif nya ada pada ujung kepala si belut listrik. Ia akan mengatur tubuhnya sedemikian rupa untuk bisa menghubungkan semua lempengan menjadi tegangan listrik kecil ataupun tegangan listrik besar. Dalam hal ini, si belut memanfaatkan radar dari dalam tubuhnya dengan cara menghasilkan sebuah medan listrik dan juga sebagai panca indera.

Belut listrik juga lebih didominasi pada ekor, atau ekor lebih panjang daripada tubuh belut itu sendiri. Pada ekor inilah belut menyimpan energi listrik potensial dari lempengan-lempengan horizontal dan vertikal yang mecapai 5.000 buah. Meskipun pada satu lempengan hanya menghasilkan listrik kecil namun jika disatukan mampu menimbulkan daya listrik besar yang mampu menghidupkan sebuah kapal berukuran besar.

Tegangan listrik kecil si belut listrik digunakan untuk panca indera atau sebagai navigasi. Dan daya listrik besar digunakan saat si belut berhadapan dengan musuh. Misalnya, menempelkan salah satu ujung tubuhnya pada musuh.

Lalu, jika belut listrik disetrum apakah akan semakin kuat atau malah mati? Jawabannya cukup sederhana, yaitu mati. Karena saraf tubuhnya terganggu sehingga kehilangan kemampuan bernafas maupun terganggu peredaran darahnya. Tubuh belut listrik juga tidak mempunyai kemampuan untuk menyimpan muatan listrik.

Nah, siapa yang membayar token jika listrik si belut habis atau mati? Jadi begini, belut listrik itu mandiri. Ia membayar token listrik dengan hasil jerih payahnya sendiri. Tidak seperti kalian, yang selalu minta kepada orang tua. 

Cukup sampai disini artikel mengenai asal usul darimana belut listrik mendapatkan listrik? Dan apa yang terjadi jika belut listrik disetrum, lalu kita juga sudah membahas siapa yang membayar token listrik jika listrik si belut listrik mati. Saya akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar