Kenapa Gula Merah Berwarna Coklat?


 Halo Sahabat Mas Dezta. Gula merah atau Gula Jawa merupakan pemanis pada masakan yang terbuat dari sari nira batang tumbuhan palem atau kelapa. Gula merah atau gula jawa biasanya berbentuk tabung atau silinder. Gula merah disebut pula gula jawa karena pembuatan gula ini banyak dilakukan di Jawa. Tapi, Kenapa Gula Merah dinamakan gula merah, padahal warnanya coklat? Yuk baca penjelasannya!

Merangkum dari Brainly, istilah gula merah sebenarnya bukan dari warna wujud gula merah itu sendiri. Akan tetapi lebih ke efek warna pada masakan atau makanan yang dibuat dengan gula merah tersebut. Dalam memasak atau membuat kue biasanya ada dua jenis warna adonan, yakni putih dan merah. Dalam makanan khas Jawa contohnya bubur atau dadar gulung, bila adonan dicampur dengan gula merah akan menimbulkan warna merah tua sedikit kecoklatan atau lebih berwarna dibandingkan hidupmu. Eh salah, maksudnya lebih berwarna daripada menggunakan gula putih atau gula pasir biasa.

Bagaimana? Sudah tahukan, alasan kenapa gula merah berwarna Coklat? Kalau belum, dibaca ulang dong. Wkwkwkwkwk. Oke, sampai disini artikel yang dapat Mimin sampaikan, Mimin akhiri terima kasih dan Salam.


Tag:

Kenapa Gula Merah Berwarna Coklat, Kenapa Gula Merah warnanya coklat, gula merah tidak merah, kenapa gula merah dinamakan gula merah padahal berwarna coklat, gula jawa, gula merah, kenapa gula merah warna coklat

LihatTutupKomentar