Kenapa Upacara Dilaksanakan Pada Hari Senin? Padahal Proklamasi Kemerdekaan Dilakukan Pada Hari Jum'at

Sumber : Sman Ketapang
Facebook: Sman Ketapang

 Halo sahabat Mas Dezta, Upacara merupakan sebuah rangkaian yang direncanakan dengan tatanan, aturan, tanda, atau simbol kebesaran tertentu. Pelaksanaan upacara menggunakan cara-cara yang ekspresif dari hubungan sosial terkait dengan suatu tujuan atau peristiwa yang penting.

Pernahkan kalian bertanya-tanya, kenapa upacara dilakukan pada hari senin? Padahal Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jum'at. Pertanyaan seperti ini juga selalu muncul dibenak saya ketika saya melakukan upacara bendera di sekolah. Setelah melakukan penelusuran kecil, saya menemukan alasan-alasan Kenapa Upacara selalu dilakukan pada hari senin. Berikut ulasannya.

Alasan pertama karena sudah menjadi kebijakan pemerintah. Sejak saat Indonesia merdeka, sekolah-sekolah melaksanakan upacara bendera pada hari senin karena itu sudah menjadi kebijakan pemerintah.

Alasan yang kedua, hari senin adalah hari pertama setelah libur akhir pekan. Karena diasumsikan bahwa tubuh dan pikiran sudah beristirahat pada hari sebelumnya. Awal pekan dirasa layak untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme. Selain itu juga, kita bisa mengingat pahlawan yang dulu berjuang selama seminggu, karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.

Alasan selanjutnya adalah, Hari Jum'at sudah kehilangan semangat. Pulang cepat, rencana jalan-jalan akhir pekan. Itulah yang ada dipikiran kita semua. Karena menjalankan rutinitas dari hari senin hingga kamis itu sangat melelahkan bagi kebanyakan orang. Jadi, sudah bisa ditebak jika upacara bendera dilakukan pada hari jum'at akan mengurangi nilai nasionalisme dari upacara tersebut.

Saya harap hari senin bisa menjadi hari dimana kalian semangat melakukan segala hal, bukan malah sebaliknya. Cukup sampai disini artikel kali ini, saya akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar