Kosakata dalam KBBI yang selalu disalahartikan

  Halo sahabat Mas Dezta, selamat datang di kolom Bahasa. Pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang kosakata dalam KBBI yang sering disalahartikan. Yuk, baca artikel berikut!

Memek

Kata 'Memek' dalam KBBI sebenarnya memiliki arti merengek-rengek. Lalu kenapa dalam bahasa sehari-hari artinya malah ke-.. Ah, sudahlah. Hal ini yang membuat saya berfikir dan bertanya-tanya, apakah kata memek yang digunakan sehari-hari berbeda dengan memek yang ada di dalam KBBI? Misalnya memek yang diserap KBBI ini berasal dari bahasa yang berbeda asalnya dengan memek yang dituturkan oleh masyarakat? Lalu, apakah kosakata "Memek" yang dituturkan oleh masyarakat saat ini adalah kata slang? Dan sejak kapan kata ini masuk dalam KBBI? Mengapa berbeda sekali maknanya dengan memek yang selalu dituturkan oleh masyarakat? Bantu jawab dalam kolom komentar ya!

Canggih

Kata canggih yang terlintas dipikiran kalian pasti suatu teknologi yang modern dan keren. Tapi bukan itu arti yang sebenarnya. Arti yang kata canggih yang sebenarnya adalah cerewet, suka mengganggu (ribut), tidak dalam keadaan yang wajar atau asli, banyak mengetahui atau berpengalaman, rumit dan bergaya intelektual. Jadi, jika ada orang yang berkata "Komputer itu sangat canggih", maksud sebenarnya adalah "Komputer itu sangat rumit".

Seronok

Seronok umumnya dikaitkan dengan hal yang negatif seperti tidak sopan, tidak pantas, dan mengumbar aurat. Namun, arti dari kata seronok yang sebenarnya adalah menyenangkan hati atau enak dilihat. Jadi, jika ada yang mengatakan pakaian kalian sangat seronok, bisa kalian jawab, "Masa berpakaian yang enak dilihat tidak boleh?"

Nyinyir

Menurut KBBI, nyinyir berarti mengulang-ulang perintah atau permintaan dan cerewet. Sayangnya, masyarakat menggunakan kata ini untuk orang yang suka menyindir atau sering bicara/berkomentar pedas saat membicarakan orang lain. Duhh, salah kaprah lagi.

Absen

Absen yang sebenarnya memiliki arti tidak hadir atau ketidakhadiran. Namun lagi-lagi, kata ini selalu digunakan sebagai kata kehadiran dan absensi kehadiran.

Geming

"Meski terus dibujuk, ia tak bergeming sedikit pun."

Kalimat itu seakan-akan mengartikan bahwa kata bergeming memiliki arti goyah atau bergerak. Tapi sebenarnya kata geming berarti "tidak bergerak", maka dari itu, untuk menunjukkan bahwa seseorang atau benda itu tidak bergerak, cukup gunakan kata "geming" saja tanpa perlu menambahkan "tak".

Acuh

Acuh dalam KBBI memiliki arti peduli. Namun, dalam pemakaian sehari-hari, termasuk dalam lirik lagu, sering kita dapati kata acuh dipakai dalam arti sebaliknya.


Yaa, mungkin itu beberapa kosakata dalam KBBI yang selalu disalahartikan. Dan bantu mimin, kenapa kata memek itu bisa bergeser jauh dari makna sebenarnya😂. Cukup sampai disini artikel kali ini, terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar