Siapakah Penemu Hari? Hari Apa Hari Ditemukan?


 Halo sahabat Mas Dezta. Hari adalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi pada porosnya sendiri. Tapi tahukah kalian, siapa penemu hari? Dan hari apa hari ditemukan? Yuk, baca artikel berikut.

Dahulu kala, sebelum penanggalan internasional resmi ditetapkan, setiap daerah memiliki sistem penanggalan mereka sendiri.

Penemu penanggalan hari atau kalender internasional adalah bangsa Babilonia lewat kalender Mesopotamia. Kalender ini diperkirakan sudah ada sejak 3000 SM atau sekitar 5000 tahun yang lalu.

Mereka beranggapan bahwa Tuhan menciptakan Bumi dalam waktu enam hari dan beristirahat dihari ketujuh. Nah, ini awal mula ada tujuh hari dalam seminggu. Namun belum ada nama resmi untuk tujuh hari tersebut.

Setelah itu, Bangsa Romawi Kuno mengembangkan kalender yang dibuat oleh Bangsa Babilonia dengan memberi nama-nama hari dengan nama matahari, bulan, dan planet. 

Kalender awal Romawi dibuat oleh Romulus, sekitar tahun 700 SM. Pada masa pemerintahan Julius Caesar sekitar tahun 45 SM, sistem penanggalan dan hari ini kembali disempurnakan.

Lalu, hari apa hari ditemukan? Belum ada jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini. Yang jelas astronom dan ahli matematika Aleksandria bernama Sosiogener menetapkan ada 12 bulan dan 365 hari dalam satu tahun. Dan untuk menyempurnakannya, ditambahkan satu hari disetiap empat tahun menjadi 366 hari yang saat ini kita kenal dengan tahun Kabisat.

Dan Sosigenes mendapat jumlah hari dalam setahun dari menghitung waktu saat bumi mengelilingi matahari.

Bagaimana? Sudah tahukan, Siapa penemu hari dan hari apa hari ditemukan? Sekian artikel kali ini, mimin akhiri terima kasih dan Salam.

LihatTutupKomentar