Menerima Undangan PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dan Melengkapi Biodata Yang Dibutuhkan

Kabar gembira hari ini bahwa sebagian rekan kita sudah mendapatkan informasi undangan sebagai calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Ada juga yang tidak mendapatkan undangan, ini terkait pemutakhiran data yang berakhir pada tanggal 30 Januari 2022 masih ada data yang invalid.

Teman-teman guru juga bisa mengecek biodatanya saat ini, dan jika tidak mendapatkan undangan maka yang perlu dicek adalah salah satu atau beberapa data yang harusnya sudah dimutakhirkan masih invalid. Biodata apa saja yang dimutakhirkan, teman-teman guru bisa melihatnya di Artikel Terkait.


Bagi teman-teman guru yang mendapatkan undangan, dikurung dulu rasa kebahagiaannya, karena undangan ini masih tahap awal. Masih ada beberapa biodata lagi yang harus dilengkapi.


Ada beberapa biodata yang masih harus dilengkapi, kemudian setelah mengajukan pun, kita pun masih tetap menunggu konfirmasi disetujui oleh LPMP mengenai Verifikasi dan Validasi data ajuan dengan kesesuaian berkas yang dikirim.

Adapun untuk melihat undangan PPG 2022 dan biodata apa saja yang perlu lagi dilengkapi, bisa dilihat pada langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi Web Portal Layanan Program GTK Kemendikbud (https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id)


2. Scroll halaman ke bawah hingga mendapatkan form login PPG - Prajabatan dan Dalam Jabatan seperti gambar berikut, lalu klik Masuk.


3. Masukkan ID SIM PKB pada isian Alamat Surel beserta Password yang digunakan pada isian Kata Sandi. Jika lupa ID SIM PKB nya, bisa lihat Cara Mengecek Nomor Peserta UKG atau ID SIMPKB. Lalu klik Masuk.


4. Setelah login, jika mendapatkan undangan PPG, maka tampilannya terlihat seperti gambar berikut.


5. Klik Lengkapi Profil  untuk menerima Undangan.


6. Klik Ya untuk memunculkan menu Biodata Diri pada Profil.


7. Klik Biodata Diri.


8. Pada area tanda merah di kolom Status/Pemenuhan masih berwarna abu-abu bertanda seru. Jika biodatanya sudah lengkap, maka area tersebut akan berubah menjadi tanda checklist berwarna hijau.


9. Scroll ke bawah halaman dan ada 4 bagian biodata yang harus dilengkapi, yaitu Biodata Diri, Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG, Bidang Studi PPG, dan Berkas Pendukung. Klik tanda panah ke bawah yang ada di samping kanan tiap-tiap bagian biodata yang ingin dilengkapi.


10. Pada bagian Biodata Diri, untuk mengentri yang belum terupdate tinggal mengklik tombol Lengkapi. Beberapa bagian yang harus dilengkapi bisa dilihat seperti gambar yang ditampilkan.



11. Pada bagian Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG juga bisa dilihat pada gambar yang ditampilkan, beberapa tulisan berwarna merah adalah biodata yang harus dilengkapi. Klik Lengkapi jika ingin mengentri atau memperbaharui datanya.


12. Pada bagian Bidang Studi PPG, Klik Lengkapi untuk memperbaharui datanya.


13. Pada bagian Berkas Pendukung, diharapkan Scan File yang diminta sudah disiapkan. Selanjutnya klik Unggah Berkas dan cari berkas yang diminta untuk diupload.



LihatTutupKomentar