Mengenal Posyandu Remaja, Sebuah Wadah Pos Kesehatan Remaja Yang Memfasilitasi Dalam Hal Memahami Seluk Beluk Remaja Selama Masa Pubertas

Posyandu Remaja Desa Bangun Rejo
Kec. Ketapang, Lampung Selatan

 Halo sahabat Mas Dezta, Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Pesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam hal memahami seluk beluk remaja selama masa pubertas yang khusus nya ditujukan kepada siswa dan umumnya kepada remaja. Posyandu Remaja juga berfungsi sebagai wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan juga agamis.

Posyandu Remaja memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja,
  • Memberiman pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja; dan
  • Menciptakan wadah generasi muda di masing-masing desa atau kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat.

Posyandu Remaja juga memiliki beberapa kegiatan yang terdiri dari :

  • Pelayanan kesehatan dasar seperti penimbangan dan pengukuran tekanan darah
  • Pennyuluhan tentang masalah Kesehatan Reproduksi Remaja pada umumnya seperti NAPZA, seksualitas, HIV/AIDS dan lain-lain.

Jadi, inti dari kegiatan posyandu remaja ini adalah untuk memberdayakan dan melibatkan remaja dalam menjaga kesehatan dan merencanakan kehidupannya dimasa yang akan datang. Sehingga kegiatan yang dilakukan tidak kaku, tetapi menjadi kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi kondisi kesehatan dan pertumbuhannya tetap terpantau setiap bulannya.

LihatTutupKomentar