Indahnya Perbedaan? Kurasa Tidak

MasDezta.com
Rasisme?! Oh bukan, baca dulu sampai akhir baru menyimpulkan. Ini adalah pengalaman pribadi saya sebagai mayoritas di negara kita tercinta ini. 
Banyak dari kita berteriak akan indahnya perbedaan seolah semua terjadi baik-baik saja, terlalu banyak rasisme yang terjadi namun jarang terekam oleh jejak digital, dan saya mendengarnya dengan telinga saya sendiri. Mereka hanya membungkam mulut mereka ke orang yang berbeda, dan tanpa sadar ini memecah kita.

Kita sebagai generasi muda harusnya sadar dan paham bahwa kita harus mengubah pola pikir masyarakat akan kerasnya perbedaan dalam segala bidang. Menghargai sesama sangat perlu  untuk menghilangkan perpecahan antarsuku maupun hal lain seperti terorisme yang amat sangat mengancam kedaulatan negara ini.
Jangan pernah takut akan perbedaan yang ada, kita akan kuat dengan adanya perbedaan. 

Perbedaan bukanlah tembok pembatas namun perbedaan adalah jembatan penghubung, karena adanya perbedaan kita tahu bahwa kita tak hidup sendirian. Kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain, kita harus bangkit dari keterpurukan ini, tunjukan kita berani melawan adanya rasisme, radikalisme dan terorisme yang mengancam kita.

Cara mencegah perbedaan menjadi permusuhan antara lain yaitu : 

1. Membangun pola pikir yang terbuka akan segala pendapat

Yang dimaksud terbuka di sini bukan berarti menerima segala pendapat yang ada namun mendengar segala pendapat yang ada lalu menyimpulkan bagaimana kita bersikap terhadap sesuatu yang ada ataupun yang sedang terjadi. 
Penting sekali membangun pola pikir ini sejak kecil hingga menjadi ideologi yang dibawa hingga dewasa nanti.

2. Menghargai sesama meskipun mereka berbeda

Kita adalah makhluk tak sendirian hidup, jika kita tak mampu menghargai orang lain, kita tak akan bisa dihargai. Jangan seringkali meremehkan orang lain, kita tak pernah tahu dia akan jadi seperti apa, hargai setiap proses dan perbedaan yang ada. 

3. Saling membantu tanpa melihat latar belakang sosial

Membantu sesama manusia tak harus melihat bagaimana cara dia berbicara, apa warna kulitnya, apa agamanya, dari suku mana dia. Kita harus tanamkan rasa membantu sesama manusia tanpa membeda-bedakan. kita adalah manusia, jadilah manusia yang manusiawi.

4. Jangan bertidak egois dan mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok

Memperlakukan sesama sama rata seperti manusia lainnya, tanpa membedakan. Kita tak boleh hanya baik kepada sepihak namun pada pihak lainnya kita bertidak buruk, percayalah egois hanya membawa rasa angkuh bukan kebahagiaan.

5. Saling percaya golongan masing-masing dan menjaga kepercayaan

Percaya akan satu sama lain adalah kunci terjaganya kedamaian dalam perbedaan, dengan terjaganya perbedaan kita akan selalu tentram dan jauh dari adanya perpecahan

Lawan perpecahan dan rangkul perbedaan, kita akan selalu kuat jika perbedaan kita jadikan sebagai dinding besar yang membangun negeri ini. Kita harus kuat, jangan mudah hancur dengan opini yang menghancurkan. Ayo bangun negeri ini dengan semangat perbedaan.
LihatTutupKomentar