Apa Itu Rungkad ? Pengertian "RUNGKAD" Adalah

 Apa Itu Rungkad - membuat sejumlah orang ingin tahu. Arti 'rungkad sayang' terakhir ramai dibincangkan berakhir artis TikTok asal Pangandaran bikin kontent video dengan arti itu.


Dalam publikasi lain, ia pula berkata 'rungkad siti'. Warganet selanjutnya mempersoalkan apakah artinya rungkad yang sebetulnya. Karena arti itu kedengar asing buat mereka.





Disatukan dari beberapa sumber, Senin (27/6/2022), secara harfiah rungkad maknanya remuk, ambruk, serta hancur berkeping-keping. Arti ini berawal dari bahasa Sunda untuk melukiskan hati satu orang yang tengah tak baik saja.


Kata rungkad sekarang sedang ternama serta jadi bahasa gaul di lapisan masyarakat milenial. Lantas, apa sebetulnya pengertian serta makna kata rungkad? Berikut uraiannya.


Rungkad dalam Bahasa Sunda serta bahasa gaul punyai makna tidak serupa dengan pengertian yang serupa. Keseluruhannya, kata ini mengartikan satu soal yang jelek pada keadaannya.


Rungkad atau dimaksud dengan Rongkad sebetulnya berawal dari Bahasa Sunda. Tapi, kalau dialih bahasa ke Bahasa Indonesia, punyai makna ambruk sampai akar-akarnya tercabut.


Meskipun juga sebetulnya rungkad ini maknanya jatuh, tetapi dengan bahasa gaul adalah perumpamaan, di mana satu orang tengah berada pada sebuah soal. Kalau dikonotasikan dalam pernyataan lain, arti rungkad sayang punyai makna mirip dengan ambyar dengan bahasa Jawa.


Bukan sekedar masalah jalinan cinta, arti ini juga dapat dipakai untuk keadaan lain seperti soal usaha, keuangan, dan seterusnya. Umpamanya, di saat orang tengah putus cinta, ia dapat berkata 'rungkad sayang'. Contoh-contohnya, "Ditinggalkeun kabogoh, rungkad sayang" (ditinggal doi, remuk saya).


Pada situasi lain, di saat satu orang tengah melalui usaha lantas tidak berhasil, ia juga dapat memberikan ucapan kata 'rungkad sayang'. Arti ini kerap dipakai untuk melukiskan hatinya yang remuk serta gak punya daya.


Kecuali keadaan yang ditulis sebelumnya, arti rungkad juga dapat dipakai dalam kondisi lain. Umpamanya untuk melukiskan pohon yang ambruk, orang Sunda pula biasa gunakan kata rungkad.


Contoh, "Cegah kalapa rungkad ku angin" (pohon kelapa ambruk oleh angin) serta "Cegah kalapa teh rungkad-nya, ampe tanehna oge berantakan" (Pohon kelapanya ambruk sampai tanahnya juga berantakan).


Antiknya, arti rungkad yang dipakai di luar kondisi pengertian sebetulnya ini dirasa kelewatan. Sering musuh berbicara memandangnya jadi banyolan atau banyolan semata-mata seperti si artis TikTok yang bikin kontent dengan arti ini. Karakter serta gesturnya yang jenaka bikin arti rungkad jadi tersohor.


LihatTutupKomentar