Gomawo Bahasa Korea Artinya Adalah

Gomawo Bahasa Korea -   Bagi Anda pecinta drama korea, pasti sudah tidak asing dengan kata-kata gomawo. Di Korea, kata ini dipilih ketika seseorang akan mengungkapkan terima kasih.


Anda mungkin sudah tahu cara artinya karena gomawo cukup sering digunakan guna menunjukkan sopan santun dari tokoh tertentu. Tapi, tahukan Anda bahwa gomawo tidak bisa digunakkan begitu saja?




Salah satu dampak meluasnya popularitas film dan drama Korea adalah kita jadi familier dengan kosakata-kosakata bahasa Korea, salah satunya adalah gomawo. Selain familier, bisa jadi Anda juga sering menggunakan kata tersebut ke teman-teman Anda sesama penggemar drama Korea.


Menirukan apa yang dikatakan para pemeran tampan dan cantik di drama Korea memang seru. Namun, tahukah Anda bahwa dalam penggunaanya, ada tingkatan-tingkatan kata gumawo sesuai situasi dan dengan siapa kita berbicara? Seperti halnya dalam bahasa Jawa, dalam bahasa Korea juga ada penggunaan tata bicara yang berbeda ketika kita berbica dengan orang yang lebih tua.


Agar Anda lebih paham, pada artikel ini, kita akan membahas arti kata gomawo dalam bahasa Korea, beberapa cara lain untuk mengucapkan terima kasih sesuai situasi, dan contoh kalimatnya dalam kehidupan sehari-hari.


Apa Arti Gomawo


Gomawo sendiri adalah ungkapan berterima kasih kepada orang lain. and tentu tahu bahwa mengucapkan terima kasih merupakan tata krama yang penting. Ada banyak sekali situasi yang mengharuskan anak mengucapkan terima kasih.


Oleh karena itu, jika anak sedang mendalami kebudayaan atau Bahasa Korea, jangan lupa untuk memberi tahunya bagaimana berterima kasih dalam Bahasa Korea yang tepat.


Nah kali ini kami telah mengajak kamu belajar bahasa Korea, arti Gomawo dan contoh penggunaannya.


Gomawo Bahasa Korea


Gomawo atau dalam hangul ditulis 고마워, berarti terima kasih dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasa digunakan saat seseorang ingin mengucapkan terima kasih.


Dalam bahasa Korea, kata ini cukup penting dan sering digunakan. Bentuknya juga beragam dan penggunaannya harus disesuaikan dengan situasi serta dengan siapa lawan bicara.


Cara Penggunaan Kata Gomawo


Oleh karena itu, saat belajar bahasa Korea penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara berterima kasih. Salah satunya dengan mengucapkan gomawo. Ini arti dan contoh penggunaannya dalam percakapan!


1. Arti gomawo

Arti Gomawo dan Contoh Penggunaannya, Untuk Ucapkan Terima Kasih!cuplikan drama Run On (dok. jtbc/Run On)

Gomawo atau dalam hangul ditulis 고마워, berarti terima kasih dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasa digunakan saat seseorang ingin mengucapkan terima kasih.


Dalam bahasa Korea, kata ini cukup penting dan sering digunakan. Bentuknya juga beragam dan penggunaannya harus disesuaikan dengan situasi serta dengan siapa lawan bicara.



2. Cara berterima kasih dalam Bahasa Korea

Arti Gomawo dan Contoh Penggunaannya, Untuk Ucapkan Terima Kasih!cuplikan drama Tomorrow With You (dok. tvN/Tomorrow With You)

Orang Korea biasa mengucapkan terima kasih dengan kata gomawo (고마워) atau kamsahabnida 감사하다. Bentuk kamsahabnida 감사하다 menempati tingkatan paling formal. Biasanya digunakan dalam situasi resmi seperti pidato, pengumuman, atau presentasi.


Kata ini ditujukan untuk orang yang lebih tua, orang asing, atau orang dengan status sosial yang lebih tinggi. Sementara gomawo memiliki 3 variasi yaitu bentuk formal, standar, dan santai.


Contoh Kata Gomawo


Kalau bentuk terakhir, gomawo 고마워 bisa kamu gunakan dalam situasi santai. Misalnya berbicara pada teman sebaya, orang yang lebih muda, atau kenalan dekat.


Seperti apa penggunaannya? Yuk lihat beberapa contoh kalimatnya berikut ini!


이게 내 선물이야? 고마워! (ige nae seonmul-iya? gomawo!)


Ini kado buatku? Makasih!


정말 예뻐!고마워 내 친구! (jeongmal yeppeo! gomawo nae chingu!)


Cantik banget! Makasih sahabatku! 


LihatTutupKomentar